fbpx
August 30, 2016

Bukan Hanya Pria, Wanita Juga Bisa Sukses Membangun Startup

Hallo Smart Leaders,

Siapa yang tahu perusahaan Startup? Menurut definisinya yang di kutip dari mebiso.com , startup adalah perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.

Tahun 2015 kemarin adalah tahun dimana dunia teknologi dan bisnis terus bersaing meraih hati para pemula untuk mau mencoba masuk ke dalam dunia startup. Baik pria maupun wanita, semua orang bersaing untuk bisa menjadi yang paling disukai di bidangnya masing-masing. Di Amerika sendiri, hampir 30% dari pendiri bisnis adalah seorang wanita, dan mereka mampu mempekerjakan hampir 8 juta pekerja. Sedangkan di Indonesia sendiri sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang bermunculan setiap harinya dengan perbandingan 60% pria sebagai pemimpinnya dan 40% wanita sebagai pemimpin Startup tersebut. Potensi pengguna internet Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun tentunya merupakan suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Mungkin bagi sebagian besar orang, belum sepenuhnya mempercayai bahwa wanita juga memiliki kemampuan yang setara atau bahkan lebih dari pria. Di beberapa bidang, wanita lebih unggul untuk menjadi seorang pemimpin sebuah perusahaan. Nah, kini bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah bisnis dan masih minder karena Anda adalah seorang¬† wanita, yuk coba baca tips yang sudah mimin rangkum di bawah ini ūüėÄ

1. Temukan lebih dulu passion Anda

Nilamsari Babarafi via maxmanroe.com
Nilamsari Babarafi via maxmanroe.com

Smart Leaders, siapapun dia, ketika sudah memutuskan akan mendirikan sebuah bisnis tentu harus tahu apa yang akan dilakukan. Apakah mengikuti trend, menuruti passion diri atau melakukan keduanya. Bagi wanita yang ingin mendirikan bisnis, penting juga mengetahui dan menemukan apa passion yang ada di dalam diri mereka.  Sebab inilah yang akan membuat mereka terus bersemangat dan tidak mudah bosan dalam bekerja.

2. Pilih jalan bisnis yang sesuai dengan tujuan Anda dalam berbisnis

Leonika Sari, pendiri Reblood, via mebiso.com
Leonika Sari, pendiri Reblood, via mebiso.com

Langkah selanjutnya, Anda harus memastikan apakah Anda akan bekerja paruh waktu untuk menambah penghasilan utama, bekerja penuh waktu dalam membangun bisnis atau yang lainnya. Benar memang tidak ada aturan khusus bagi Anda yang mau mendirikan bisnis sendiri. Tapi dengan mengetahui tujuan awal, Anda akan lebih fokus. Apalagi bagi Anda yang juga memiliki peran lain sebagai seorang Ibu rumah tangga.

3. Pisahkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan

Fransiska Hadiwidjana via prelo.co.id
Fransiska Hadiwidjana via prelo.co.id

Meskipun banyak wanita yang memilih untuk mengarungi kehidupan berumahtangga di usia muda, tapi tidak sedikit dari mereka yang masih juga ingin bekerja, berinovasi dan bahkan berprestasi. Tidak ada yang salah dengan hal ini, sebab siapapun mereka, mereka berhak untuk menggapai cita-cita bukan? Nah, yang terpenting adalah bagaimana mereka mampu memisahkan dan membedakan mana kepentingan pribadi dan kepentingan pekerjaan mereka. Dengan begitu semuanya akan berjalan beriringan dengan sangat baik.

4. Rangkullah teknologi

Nabilah Alsagoff, Pendiri DOKU via techinasia.com
Nabilah Alsagoff, Pendiri DOKU via techinasia.com

Di era teknologi seperti ini tidak ada yang bisa berkembang tanpa bantuan dan dukungan teknologi bukan? Yap, Teknologi berperan penting dalam pengaplikasian ide-ide briliant para wanita di seluruh dunia. Banyak pula contohnya, wanita kreatif yang sukses membangun bisnis dengan teknologi sebagai medianya.

5. Tentukan apa merek Anda

Windy Natriavi (L) and Dayu Dara Permata (R) via techinasia.com
Windy Natriavi (L) and Dayu Dara Permata (R) via techinasia.com

Menyenangkan memang membangun semuanya sendiri dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi tentu kita harus memastikan apa merek bisnis yang akan digunakan. Merek inilah yang akan kita bawa sampai tujuan kita. Bahkan merek inilah yang akan membawa kita dikenal di seluruh dunia. Unik? menarik? bermanfaat? Yap, minimal ketiga inilah syarat penting untuk membangun sebuah merek.

6. Perluaslah koneksi Anda

Diajeng Lestari via wanitaindonesia.co.id
Diajeng Lestari via wanitaindonesia.co.id

Yang terakhir adalah tentang koneksi Anda. Jika ingin bisnis dikenal banyak orang, tentu saja hal yang harus Anda lakukan adalah dengan memperluas koneksi bisnis Anda. Bisnis yang hanya disimpan tanpa dipromosikan dan diperkenalkan ke khalayak ramai, tentu tidak akan mampu mendapatkan perhatian dari banyak orang. Tentu ini berlaku untuk wanita yang mendirikan startup. Selain harus banyak belajar tentang membangun sebuah bisnis, mereka juga harus mau aktif memperkenalkan bisnisnya ke dunia luar.

Nah Smart Leaders, dari sinilah para wanita bisa menjadi pendiri bisnis yang sukses di masa kini dan bahkan di masa depan. Tidak ada lagi batasan siapa dan bagaimana seseorang dinilai mampu mendirikan dan sukses membangun bisnis mereka. Bukan lagi masalah gender, semua hanya tentang tekad dan ketekunan dalam belajar dan bekerja.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 17 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!