fbpx
May 28, 2018

Cara Mengembangkan Kemampuan Mendengarkan

Smart Leaders, ada banyak keuntungan dari menjadi seorang pendengar yang baik. Namun, agar menjadi pendengar yang baik Anda harus bersedia mendengarkan. Anda membutuhkan beberapa keahlian untuk membantu Anda.

John C. Maxwell menuliskan sembilan saran untuk membantu Anda menjadi pendengar yang lebih baik.

  1. Pandanglah orang yang berbicara

Keseluruhan proses mendengarkan diawali dengan memberi perhatian yang tidak terbagi pada orang lain. Ketika berinteraksi dengan seseorang, jangan melakukan pekerjaan lain, merapikan kertas, mencuci piring, atau menonton televisi. Sisihkan waktu hanya untuk memfokuskan diri pada orang ini. Jika saat itu Anda tidak memiliki waktu, jadwalkan pertemuan sesegera mungkin.

  1. Jangan memotong

Kebanyakan orang tidak suka ucapannya dipotong. Hal ini membuat mereka merasa tidak dihargai. Banyak alasan seseorang memotong pembicaraan orang lain: tidak cukup menghargai, ingin terkesan cerdas, tidak tertarik, atau alasan lainnya.

Jika Anda memiliki kebiasaan memotong ucapan orang lain, periksalah motivasi Anda dan berketetapanlah untuk melakukan perubahan. Beri mereka waktu yang dibutuhkan untuk mengekspresikan diri mereka sendiri. Jangan pernah merasa Anda harus bicara sepanjang waktu.

  1. Berfokuslah untuk memahami

Kita cenderung melupakan hal-hal yang kita dengar. Untuk memerangi kecenderungan itu, maka milikilah tujuan untuk memahami, bukan sekadar mengingat faktanya. Mendengarkan dengan efektif membutuhkan lebih dari sekadar mendengar kata-kata yang disampaikan. Anda harus menemukan arti dan memahami hal yang baru saja diucapkan.

  1. Tentukanlah kebutuhan saat itu

Sangat banyak orang menemukan diri mereka ada dalam konflik karena mereka kadang kala berkomunikasi dengan tujuan yang saling bertentangan. Mereka tidak berusaha menemukan kebutuhan orang lain saat berinteraksi. Setiap kali Anda bis amenentukan kebutuhan orang yang diajak berkomunikasi, anda bisa menempatkan semua hal yang mereka katakan dalam konteks yang sesuai. Anda pun akan mampu memahami mereka.

  1. Periksalah emosi Anda

Kebanyakan orang membawa beban emosional yang membuat mereka bereaksi pada orang atau situasi tertentu. Setiap kali ada seseorang yang mengeluhkan sesuatu, ucapan orang lain biasanya akan tenggelam dalam keluhan mereka.

Setiap kali emosi Anda tersulut ketila mendengarkan orang lain, periksalah diri Anda, khususnya jika reaksi Anda sepertinya lebih kuat daripada situasi itu. Jangan menjadikan orang lain sebagai pelampiasan amarah Anda.

  1. Tahanlah penilaian Anda

Apakah Anda pernah mendengarkan orang lain menceritakan sebuah kisah dan menanggapinya sebelum ia selesai? Hampir semua orang pernah. Namun Anda tidak bisa mengambil kesimpulan dan menjadi pendengar yang baik pada saat bersamaan. Ketika Anda bicara pada orang lain, dengarkan keseluruhan kisahnya sebelum menanggapi. Jika tidak, Anda mungkin melewatkan hal terpenting yang ingin mereka katakan.

  1. Sering-seringlah menyimpulkan, terutama saat hal-hal yang penting diucapkan

Para ahli setuju bahwa cara paling efektif untuk mendengarkan adalah melakukannya dengan aktif. Tanggapilah hal yang Anda dengar dan buatlah komentar Anda tertuju pada orang yang spesifik. Hal ini akan membantu Anda tetap terfokus ketika mendengarkan. Jika Anda melatih diri sendiri untuk memberikan komentar yang penuh arti, orang yang sedang berbicara pun akan tahu bahwa Anda mendengarkan.

  1. Ajukanlah pertanyaan untuk memperoleh kejelasan

Jika Anda ingin menjadi pendengar yang efektif, ajukanlah pertanyaan untuk menindaklanjuti dan mencari kebenaran. Jika Anda menunjukkan besarnya kepedulian Anda pada oang lain dan mengajukan pertanyaan dengan cara yang tidak membuat mereka merasa takut, Anda akan terkejut mengetahui banyaknya hal yang akan mereka katakan pada Anda.

  1. Jadikanlah mendengarkan sebagai prioritas

Hal terakhir yang harus diingat ketika mengembangkan keahlian Anda adalah memprioritaskan mendengarkan, tidak peduli betapa pun sibuknya Anda atau seberapa pun tingginya posisi Anda dalam sebuah organisasi.

Smart Leaders, banyak orang meremehkan kemampuan untuk mendengarkan. Kebanyakan orang menganggap mendengarkan itu mudah dan menilai diri sendiri sebagai pendengar yang baik. namun hanya sedikit orang yang benar-benar mendengarkan.

Jadilah pendengar yang baik dan kembangkan hubungan dengan orang lain dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Relationship 101 dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 84 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!