fbpx
June 18, 2015

Cara Mengembangkan Orang Lain Menjadi Lebih Baik

Ketika mengembangkan seseorang, kita membantunya berkembang sebagai seorang individu. Kita membantu mereka memperoleh kualitas pribadi yang akan menguntungkan mereka dalam banyak area kehidupan mereka, tidak hanya pekerjaan mereka. Ketika kita membantu seseorang untuk menumbuhkan disiplin atau sikap positif, itulah pengembangan. Ketika kita mengajari seseorang untuk menjadi lebih efisien dalam mengatur waktu atau meningkatkan keahlian dalam membina hubungan dengan orang lain, itulah pengembangan. Ketika kita mengajarkan kepemimpinan, itulah pengembangan. Namun saya menemukan banyak pemimpin tidak memiliki pola pikir pengembangan. Mereka mengharapkan para karyawan mereka untuk mengembangkan diri mereka sendiri jika mereka merasa membutuhkan. Sesungguhnya para pemimpin ini tidak menyadari bahwa pengembangan selalu memberikan hasil yang lebih tinggi daripada hanya sekadar memperlengkapi. Pengembangan membantu orang yang bersangkutan dan mengangkatnya pada tingkatan yang lebih tinggi.

Mengembangkan orang-orang secara pribadi adalah salah satu hal terpenting yang akan dilakukan oleh seorang pemimpin yang menjadi mentor. Mengembangkan lebih sulit daripada memperlengkapi, namun harganya sesuai. Inilah hal yang harus Anda lakukan ketika mulai mengembangan mereka.

  1. Lihatlah pengembangan sebagai proses jangka panjang.
    Memperlengkapi biasa adalah proses yang sangat cepat dan langsung terjadi. Kebanyakan orang bisa mempelajari mekanisme pekerjaan mereka dengan sangat cepat.
  1. Temukan impian dan kerinduan setiap orang.
    Ketika memperlengkapi orang lain, Anda mendasarkan hal yang Anda lakukan pada kebutuhan Anda atau organisasi Anda.
  1. Pimpinlah setiap orang dengan cara yang berbeda.
    Salah satu kesalahan yang sering kali dibuat oleh para pemimpin yang masih baru adalah berusaha untuk memimpin semua orang dengan cara yang sama.
  1. Gunakanlah tujuan organisasi untuk pengembangan individu.
    Jika Anda harus membangun mekanisme yang sepenuhnya terpisah dari pekerjaan sesungguhnya yang harus diselesaikan untuk mengembangkan orang-orang Anda, itu mungkin membuat Anda lelah dan frustasi.
  1. Bantulah mereka mengenali diri mereka sendiri.
    Saya selalu menganggap bahwa banyak orang tidak mengenal diri mereka sendiri. Seseorang tidak akan menyadari potensinya sebelum ia menyadari posisinya.
  1. Bersiap-siaplah untuk melakukan pembicaraan yang sulit.
    Tidak ada pengembangan tanpa pelajar yang sulit. Hampir semua pertumbuhan terjadi ketika kita memberikan tanggapan positif atas hal-hal yang negatif.
  1. Rayakanlah kemenangan yang besar.
    Para pemimpin yang mengembangkan orang lain selalu ingin untuk membantu orang-orang mereka agar menang atas usaha mereka sendiri, khususnya ketika mereka baru saja mulai.
  1. Rayakanlah kemenangan yang benar.
    Dalam konteks organisasional, tidak ada proses perkembangan yang akan lengkap tanpa berkembangnya kepemimpinan.

Temukan inspirasi lainnya untuk mengembangkan tim dan lingkungan Anda dalam buku Mentoring 101 Karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 667 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!