fbpx
June 26, 2015

Cara Menghadapi Ketakutan

Kita sering kali takut menghadapi hal-hal remeh, seperti takut gagal dalam ujian, takut berinvestasi atau membeli rumah, takut bertemu orang lain, dan masih banyak lagi. Lain kali, jika Anda mengalami ketakutan yang teramat sangat atau ketakutan biasa, mantapkan hati Anda. Berusahalah menjawab pertanyaan berikut, “Tindakan apa yang bisa saya lakukan untuk mengalahkan rasa takut ini?”

Singkirkan ketakutan Anda. Kemudian, lakukan tindakan yang tepat.

Dalam buku The Magic of Thinking Big, David J. Schwartz menyarankan beberapa tindakan sederhana untuk mengatasi ketakutan.

Malu terhadap penampilan.
Tindakan: Perbaiki penampilan Anda. Pergilah ke tempat pangkas rambut atau salon kecantikan. Gosok sepatu Anda. Pakaian Anda harus bersih dan rapi. Secara umum, penampilan Anda harus menarik. Namun Anda tidak perlu mengenakan pakaian baru.

Takut gagal dalam ujian.
Tindakan: Ketimbang khawatir, gunakan waktu Anda untuk belajar.

Takut mengalami kecelakaan di luar kendali Anda, seperti angin tornado atau pesawat terbang yang lepas kendali.
Tindakan: Alihkan perhatian Anda pada sesuatu yang sama sekali berbeda. Cabutlah rumput liar di kebun Anda. Bermainlah putra-putri Anda. Pergilah menonton film di bioskop.

Takut bertemu dengan orang.
Pandanglah manusia dengan tepat. Ingat, orang lain juga manusia biasa, sama seperti Anda.

Bagaimana? Sederhana, bukan? Mempraktikkan semua tips ringan itu mungkin terlihat sepele, tapi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, Anda tak akan lagi merasa takut menghadapi apa pun yang menghadang.

~ Artikel ini sudah dibaca 5 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!