April 16, 2018

Cara Meningkatkan Inisiatif Diri

Smart Leaders, seorang pemimpin harus menjadi inisiator. Seorang inisiator akan sulit berhenti sebelum membuat impiannya menjadi kenyataan. Para pemimpin yang berinisiatif tidak akan merasa terganggu sekali pun mengalami banyak kegagalan. Jika ingin mencapai hal-hal besar dan sebagai pemimpin, Anda harus bersedia mengambil inisiatif dan mengambil risiko.

Smart Leaders, jika sudah lama Anda tidak mendorong diri sendiri dan keluar dari wilayah nyaman, mungkin Anda perlu memicu insiatif Anda. John C. Maxwell menuliskan cara meningkatkan inisiatif Anda.

  1. Ubah cara berpikir Anda

Jika Anda kurang inisiatif, sadarilah bahwa persoalannya ada di dalam diri Anda, bukan orang lain. Tentukanlah mengapa Anda ragu-ragu mengambil tindakan. Apakah Anda takut pada risiko? Apakah Anda berkecil hati karena banyaknya kegagalan di masa lalu? Tidakkah Anda melihat potensi peluang yang ada? Carilah sumber keraguan Anda dan atasilah itu. Anda takkan dapat maju jika tidak mulai dari dalam diri sendiri.

  1. Jangan menunggu hingga peluang mengetuk pintu Anda

Peluang tidaklah datang mengetuk pintu. Anda harus mencarinya. Inventariskanlah aset, talenta, dan sumber daya Anda. dengan demikian Anda akan mengetahui potensi Anda. lewatkanlah setiap hari selama satu minggu untuk mencari peluang. Di manakah Anda melihat adanya kebutuhan? Siapakah yang sedang mencari keterampilan yang Anda miliki. Kelompok manakah yang benar-benar membutuhkan apa yang dapat Anda tawarkan. Peluang ada di mana-mana.

  1. Ambil langkah berikutnya

Melihat peluang adalah satu hal. Melakukan sesuatu dengan peluang itu adalah hal yang berbeda. Seseorang pernah menyindir, semua orang memiliki gagasan besar jika sedang mandi, namun hanya sedikit yang keluar, mengeringkan tubuhnya, dan melakukan sesuatu untuk menindaklanjutinya. Pilihlah peluang terbaik yang Anda lihat, dan tindaklanjutilah semampu Anda. jangan berhenti hingga Anda telah melakukan segala hal untuk membuatnya menjadi kenyataan.

Smart Leaders, dibutuhkan langkah berani Anda hari ini untuk menjadi sebaik yang Anda bisa esok.

Temukan ciri pokok seorang pemimpin dengan membaca buku kepemimpinan berjudul The 21 Indispensable Qualities of A Leader dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 2 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!