fbpx
May 30, 2018

Cara Meningkatkan Kompetensi

Smart Leaders, kita semua mengagumi orang yang menunjukkan kompetensi tinggi, baik mereka adalah pemahat yang bekerja dengan presisi, atlet kelas dunia, atau pemimpin bisnis yang sukses. Anda tidak perlu menjadi Faberge, Michael Jordan, atau Bill Gates untuk memiliki kompetensi yang sempurna.

John C. Maxwell menuliskan cara untuk meningkatkan kualitas kompetensi Anda.

  1. Siagalah setiap saat

Ada pepatah yang berkata, “Semua hal yang datang pada orang yang menanti.” Sayangnya kadang kala itu hanyalah sisa dari orang yang tiba di sana terlebih dahulu. Orang yang bertanggung jawab ketika mereka diharapkan, namun orang yang sangat kompeten melangkah lebih maju. Mereka tidak hanya sekadar datang. Mereka datang dalam kondisi siap tanding setiap hari, tidak peduli apa pun yang mereka rasakan, jenis situasi apa yang mereka hadapi, atau betapa pun sulitnya pertandingan yang mereka hadapi.

  1. Teruslah mengembangkan diri

Semua orang yang sangat kompeten terus mencari cara untuk terus belajar, bertumbuh, dan mengembangkan diri. Mereka melakukannya dengan bertanya mengapa. Selain itu, orang yang tahu bagaimana akan selalu memiliki pekerjaan, namun orang yang tahu mengapa akan selalu menjadi atasannya.

  1. Tindaklanjutilah dengan kesempurnaan

Orang kompeten tidak mungkin tidak menindaklanjuti. Kualitas tidaklah pernah kebetulan, itu selalu adalah hasil dari perhatian yang tinggi, usaha yang tulus, arahan yang cerdas, dan tindakan yang penuh ahli. Kualitas menunjukkan pilihan yang bijaksana dari banyak alternatif. Menunjukkan tingkat kesempurnaan yang tinggi selalu adalah pikihan dan tindakan yang dikehendaki.

  1. Capailah lebih dari yang diharapkan

Orang yang sangat berkompeten selalu memberikan lebih dari yang diharapkan. Bagi mereka, “baik” saja tidak cukup. Jim Conway, penulis Men in Mid Life Crisis, menuliskan bahwa beberapa orang merasa “berkurangnya kebutuhan menjadi orang hebat dan meningkatnya perasaan ‘mari kita selesaikan ini sebaik kita bisa.’ Tidak apa-apa jika kita tidak membuat home run. Yang penting kita tidak kalah.” Orang yang sukses tidak bisa bersikap seperti itu. Mereka harus melakukan pekerjaannya hari demi hari.

  1. Motivasilah orang lain

Orang yang sangat berkompeten melakukan lebih dari sekadar memberikan yang terbaik. Mereka memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Sementara beberapa orang bertahan hanya dengan mengandalkan keahlian mereka untuk berhubungan dengan orang lain, orang yang efektif memadukan keahlian ini dengan kompetensi yang tinggi untuk membawa organisasi mereka pada tingkatan kesempurnaan dan pengaruh yang baru.

Smart Leaders, tingkatkan kompetensi Anda dan raihlah kesuksesan yang Anda impikan.

Temukan cara mencapai kesuksesan sejati dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Success 101 dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 254 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!