fbpx
March 27, 2015

Cara Menjadi Marketer di Era Modern

Untuk menjadi marketer di era modern, kita harus bisa menjadi seniman sekaligus ilmuwan. Kok bisa?

Teknologi sudah mengubah profesi marketing tradisional, menambahkan tools, teknik, dan strategi baru untuk sehari-hari. Sebagai marketer di era modern, kita perlu memiliki sisi seniman dan sisi ilmuwan. Kita perlu kreativitas dan imajinasi untuk menciptakan kampanye yang melibatkan pelanggan, serta analisis untuk mengukur strategi marketing kita.

Berikut ini keahlian yang harus Anda kembangkan untuk menjadi modern marketer:

Sisi Seniman:

  • Konten tulisan. Keahlian menulis cerita akan menguatkan nilai bagi kampanye marketing Anda.
  • Gambar/konten visual. Dibanding teks, gambar lebih merebut perhatian pelanggan, menjadikannya sumber daya marketing yang bernilai.
  • Media sosial. Ini mengubah cara para marketer berinteraksi dengan pelanggan. Alhasil, keahlian mengelola media sosial begitu penting.
  • Email marketing. Email tetap menjadi sarana utama mayoritas divisi marketing modern. Praktik dan desain terbaik tetap menjadi keahlian penting bagi marketer.

Sisi Ilmuwan:

  • Memonitoring¬†kinerja. Semua marketer modern harus memonitoring semua aktivitas dan kampanye marketingnya yang bisa digunakan untuk evaluasi kinerja.
  • Operasional. Dengan tanggung jawab yang lebih besar dan sumber daya yang terbatas, marketer harus menjadi ahli mengatur anggaran dan operasional.
  • Analytics. Marketer harus menjadi ahli data, mampu dengan cepat melihat tren utama dan hal penting dalam basis data yang sangat besar.
  • Kinerja kampanye. Menggunakan tools seperti Salesforce untuk memahami kinerja kampanye adalah keahlian penting untuk marketer di era modern.

Yah, menjadi marketer di era modern memang harus ahli dalam berbagai aspek. Dengan mengembangkan kedua sisi tersebut – seniman dan ilmuwan, Anda akan mampu dengan cepat beradaptasi dan berhasil dalam ranah marketing yang berkembang cepat.

 

marketer-era-modern

 

 

~ Artikel ini sudah dibaca 14 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!