fbpx
May 25, 2018

Cara Menjadi Orang yang Percaya Pada Orang Lain

Smart Leaders, rasa percaya merupakan kunci dari sebuah hubungan. Rasa percaya timbul tidak hanya dari orang lain, tapi juga dari diri sendiri. Tidak semua orang mudah memercayai orang lain dan menunjukkan rasa percaya itu. Kebanyakan orang harus mempelajari cara untuk memiliki keyakinan atas orang lain.

John C. Maxwell menuliskan cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun rasa percaya Anda dalam diri orang lain.

  1. Percayai orang lain sebelum mereka sukses

Semua orang menyukai pemenang. Biasanya memiliki keyakinan dalam diri orang-orang yang telah membuktikan diri mereka sendiri itu lebih mudah daripada memercayai orang-orang yang belum membuktikan diri. Namun hal ini adalah kunci untuk memotivasi orang lain agar mencapai kapasitas mereka. Anda harus memercayai mereka terlebih dahulu sebelum bisa memengaruhi mereka agar memercayai diri sendiri. Ketika Anda memercayai orang lain, Anda mengairi benih itu dan memberi mereka kesempatan untuk bertumbuh.

  1. Tekankan kekuatan mereka

Banyak orang salah mengira bahwa agar bisa membangun hubungan dan memengaruhi orang lain, mereka harus “memiliki jabatan” dan menemukan kekurangan orang lain. Cara terbaik untuk menunjukkan keyakinan Anda dalam diri orang lain dan memotivasi mereka adalah dengan memfokuskan perhatian Anda pad akekuatan mereka. dengan menekankan kekuatan orang lain, Anda membantu mereka memercayai bahwa mereka memiliki hal yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.

  1. Buatlah daftar kesuksesan masa lalu mereka

Sekali pun Anda menekankan kekuatan orang lain, mereka mungkin masih membutuhkan dorongan lebih yang menunjukkan bahwa Anda memercayai mereka dan juga untuk membuat mereka termotivasi. Salah satu cara terbaik melakukan hal ini adalah dengan membantu mereka mengingat kesuksesan masa lalu mereka.

  1. Tanamkan rasa percaya diri ketika mereka gagal

Ketika And atelah mendorong seseorang dan memercayainya, ia pun mulai percaya bahwa ia bisa sukses dalam hidup, namun orang ini segera mencapai persimpangan yang kritis. Saat pertama atau kedua kalinya ia gagal, ia memiliki dua pilihan, menyerah atau terus maju. Tunjukkan pada mereka bahwa kesuksesan adalah sebuah perjalanan (proses), bukan tujuan.

  1. Alami beberapa kemenangan bersama

Mengenali bahwa kegagalan adalah bagian dari terus bergerak maju dalam hidup saja tidak cukup. Agar-benar termotivasi untuk meraih kesuksesan, seseorang harus percaya bahwa ia bisa menang.

Untuk membantu seseorang percaya bahwa ia bisa meraih kemenangan, letakkan mereka pada posisi untuk mengalami kesuksesan kecul. Doronglah mereka melakukan tugas atau mengambil tanggung jawab yang Anda tahu bisa mereka lakukan dengan baik.

  1. Gambarkan kesuksesan masa depan Anda

Setiap kali Anda menumbuhkan impian bagi orang lain dan memberikan gambaran akan kesuksesan mereka di masa depan, Anda membangun, memotivasi, dan memberi mereka alasan untuk terus maju.

  1. Harapkan tingkatan kehidupan yang baru

Milikilah tujuan untuk membantu orang lain melihat lebih dari sekadar hari ini atau keadaan mereka saat ini dan milikilah impian yang besar. Ketika Anda meletakkan kepercayaan Anda dalam diri orang lain, Anda membantu mereka memperluas perspektif dan memotivasi mereka untuk bergerak menuju tingkatan kehidupan yang sepenuhnya baru.

Smart Leaders, memercayai orang lain adalah tindakan yang berisiko, namun hasilnya bisa mengalahkan risiko yang harus dihadapi itu. Ketika memercayai orang lain, Anda membantu mereka mencapai kapasitas mereka.

Tamukan cara membangun hubungan yang kuat dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Relationship 101 dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 16 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!