fbpx
December 22, 2015

Cara Menjadi Pribadi yang Disukai Banyak Orang

“Ada saatnya kita mencerna pengetahuan tentang diri kita sendiri,” kata Pearl Bailey, “dan hati kita bisa merasa labih baik, atau justru lebih masam.” Semua orang memiliki sedikit keraguan dan rasa tidak aman. Jika saya ingin meminta Anda menggambarkan seorang pemenang, seseorang yang utuh dan sehat, Anda mungkin mengatakan bahwa orang lain percaya diri, hangat, baik hati, stabil, murah hati, dan seterusnya. Sepintas Anda benar, namun menjadi orang yang disukai orang lain membutuhkan lebih dari sekadar memiliki sikap yang diiringi orang lain. Menjadi orang yang disukai oleh orang lain datang dari satu hal: nilai Anda.

Sesungguhnya, menjadi orang yang disukai orang lain, dalam kata-kata yang paling terus terang, tidak ada hubungannya dengan kinerja Anda, gaji Anda, atau potensi Anda untuk menghasilkan uang. Sebaliknya, hal ini berhubungan dengan nilai Anda dan apakah Anda memiliki nilai itu atau tidak. Saat Anda menerima nilai-nilai pribadi Anda, saat Anda merasa aman dengan jati diri Anda, Anda telah menjadi pemenang.

Inilah beberapa cara untuk melakukan hal itu:

  • Kenali nilai-nilai Anda
    Sering kali, dalam hidup ini kita dijatuhkan, merasa sangat sedih dan kecewa, serta mengalami keadaan yang sangat tidak mengenakkan akibat keputusan yang kita ambil atau keadaan kita. Kita merasa seakan-akan tidak bernilai lagi, tidak penting di mata kita sendiri, dan di mata orang lain. Namun apa pun yang telah menjadi atau apa pun yang akan terjadi, kita tidak akan pernah kehilangan nilai kita sebagai manusia. Ingatlah selalu bahwa tidak ada yang bisa membuat nilai itu hilang dalam hidup kita.
  • Terimalah nilai-nilai Anda
    Berapa kali Anda mendengar seseorang berkata, “Ia bermasalah”? Maksud mereka sesungguhnya adalah orang itu sedang berada dalam keadaan tidak menyenangkan yang tidak bisa ia hindari. Orang itu tidak sehat. Ia menghadapi yang tidak pasti dan tidak bisa mengambil keputusan. Ia tidak nyaman dengan dan tidak bisa menerima jati dirinya sendiri. Itulah penjelasan yang diperoleh para psikolog saat kita membahas penerimaan akan diri sendiri.
  • Tingkatkan nilai Anda
    Mungkin Anda telah mengenali dan menerima nilai-nilai Anda. Mungkin Anda tahu bahwa Anda di pusat keberadaan Anda, jauh di dalam jiwa Anda, bahwa Anda dikasihi Tuhan dan benar-benar tak ternilai. Selamat! Langkah selanjutnya adalah meningkatkan nilai Anda bagi orang lain dengan cara memecahkan sebanyak mungkin masalah yang bisa Anda pecahkan. Dengan kata lain, Anda harus memaksimalkan siapa diri Anda dengan mengatasi atau memperbaiki hal-hal yang bisa Anda ubah.
  • Yakinlah akan nilai-nilai Anda
    Setelah mengenali nilai-nilai Anda, terimalah lalu tingkatkan. Pada akhirnya, Anda harus meyakini nilai itu. Anda harus meyakininya dengan sangat mendalam sehingga Anda bersedia mengandalkannya.

 

Temukan Inspirasi lainnya untuk mengembangkan Kualitas pribadi Anda melalui buku 25 Ways To Win With People karya John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 65 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!