fbpx
February 27, 2018

Cara Menunjukkan Anda Layak Menerima Tanggung Jawab Lebih

Smart Leaders, pernahkah Anda merasa bosan dengan tugas yang dibebankan pada Anda saat ini? Anda merasa sudah sangat layak menerima tanggung jawab dan tantangan yang lebih untuk meningkatkan kemampuan Anda. Sayangnya, atasan Anda tidak berpikir hal yang sama.

Dilansir dari FastCompany.com, Anda bisa menunjukkan kepada atasan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar dari yang Anda lakukan saat sekarang.

  1. Tekankan pada hal yang bisa Anda lakukan, bukan yang seharusnya Anda lakukan

Ketika Anda merasa tugas yang dibebankan saat ini berada di bawah kemampuan Anda, maka ada kemungkinan Anda berkeinginan langsung menyampaikan pada atasan Anda. Jika Anda ingin percakapan itu berjalan baik, tahan keinginan tersebut lalu fokuslah pada berbagai tugas yang dibebankan pada Anda.

Misalkan, ketika Anda diminta mengatur dan memesan ruangan seminar, katering makan siang, dan logistik seminar, maka lakukan lebih dari yang diminta. Mengedarkan lembar kritik dan saran kepada peserta seminar akan memberikan nilai tambah tidak hanya pada tugas yang diberikan pada Anda, namun juga kredibilitas Anda. Atasan Anda akan melihat Anda bisa memberikan yang terbaik dari setiap tugas yang diemban.

  1. Lakukan satu proyek individu dengan sukses.

Jika atasan Anda tidak bersedia memberikan Anda tugas yang lebih kompleks, maka lakukan satu proyek individu yang membantu perusahaan, dan lakukan dalam waktu Anda sendiri. Proyek tersebut tidak boleh mengganggu pekerjaan utama yang dibebankan pada Anda.

Cara ini akan menunjukkan kepada atasan kemampuan Anda sebenarnya. Biarkan hasil yang berbicara, sehingga Anda harus melakukannya dengan sukses.

  1. Tinjau ulang deksripsi pekerjaan Anda

Tinjau ulang lagi deskripsi pekerjaan yang disetujui di awal perekrutan Anda. Jika Anda melakukan pekerjaan kasar yang sama sekali tidak ada di deskripsi pekerjaan Anda, maka Anda boleh mengajukan keluhan ke atasan.

Akan tetapi, daripada mengajukan keluhan atas pekerjaan yang Anda lakukan, tunjukkan kekecewaan Anda karena pekerjaan yang Anda lakukan sekarang jauh berbeda dari deskripsi tugas yang dijanjikan di awal perekrutan.

Smart Leaders, merasa overqualified di tempat kerja sangat mengesalkan. Namun, daripada Anda memilih mengundurkan diri lalu beresiko mengulang lagi apa yang Anda rasakan, lakukan langkah-langkah di atas untuk mengatasi masalah tersebut. Kebahagiaan dan karier Anda tergantung pada hal tersebut.

Temukan cara menjadi lebih produktif dengan membaca buku pengembangan diri berjudul It’s Called Work for A Reason.

~ Artikel ini sudah dibaca 25 kali

Share yuk!

One thought on “Cara Menunjukkan Anda Layak Menerima Tanggung Jawab Lebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!