fbpx
November 19, 2013

[Catatan Penerjemah] The 17 Essential Qualities of a Team Player

Oleh: Jimmy Simanungkalit

17 QualitiesBagi saya, memilih anggota tim bukanlah perkara mudah. Menentukan tujuan, merancang program-program untuk mencapai tujuan, dan membentuk tim untuk menjalankan program demi pencapaian tujuan. Saya pernah mengalaminya saat dipercaya memimpin sebuah organisasi pemuda. Tujuan organisasi menjadi taruhannya. Salah pilih anggota tim, program-program yang dirancang bisa saja tidak berjalan sesuai rencana. Bahkan, tujuan organisasi bisa tak tercapai.

Berkomitmen. Mampu berkolaborasi. Dapat diandalkan. Gigih. Saat itu, kualitas-kualitas tersebut yang harus dimiliki orang-orang yang saya pilih menjadi anggota tim. Meski dalam prosesnya, ada saja anggota tim yang tidak mampu menjaga kualitasnya hingga di akhir kepengurusan, menyerah dan menghilang sebelum sampai ke tujuan.

Pengalaman itulah yang saya ingat ketika menerjemahkan buku ini. Ternyata, empat kualitas yang saya sebutkan di atas tidaklah cukup. John C. Maxwell menjabarkan 17 kualitas yang harus dimiliki setiap penggerak tim. Harap diperhatikan, bukan sekadar anggota tim, tetapi penggerak tim. Setiap kualitas digambarkan dengan menarik melalui kisah nyata yang inspiratif sehingga menjadikan buku ini sama sekali tak membosankan. John C. Maxwell juga melengkapinya dengan semacam panduan agar kita bisa memahami setiap kualitas, merenungkannya, menerapkannya, lalu melatihnya setiap hari.

Baru-baru ini, saya menerjemahkan skrip acara televisi berupa game show. Sembilan orang yang tidak saling mengenal dan memiliki latar belakang yang berbeda-beda digabung menjadi satu tim. Dalam setiap episode permainan, hanya enam anggota yang boleh bermain untuk menaklukkan tantangan-tantangan, serta meraih hadiah menggiurkan. Di dalam tayangan ini, ada anggota tim yang selalu dipilih untuk bermain, ada juga anggota tim yang tega mengkhianati kepentingan tim karena iming-iming sejumlah uang. Saya bisa melihat anggota yang sekadar anggota tim, dan saya juga bisa melihat anggota tim yang benar-benar seorang penggerak tim.

Seringnya, kita tidak bisa memilih dengan tim mana kita bergabung, atau dengan siapa saja kita bekerja sama atau berkolaborasi. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa kita bisa berada dalam posisi sebagai pilihan. Saya pernah membaca ungkapan bahwa orang yang akan bertahan hidup adalah orang yang mampu beradaptasi, bukan orang yang paling kuat.

Mampu beradaptasi adalah salah satu kualitas yang dibahas dalam buku ini. Dan tentu saja, penggerak tim yang mampu beradaptasi pasti bertahan saat bergabung ke dalam tim mana pun. Sementara penggerak tim yang mampu berkolaborasi pun akan menjadi pilihan utama untuk bergabung dengan tim mana pun. Mampu berkolaborasi adalah awal dari kemenangan bersama (tim).

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa di hampir semua lowongan pekerjaan, ada satu syarat yang harus dipenuhi pelamar: Bisa bekerja sama atau berkolaborasi di dalam tim? Membaca buku ini bisa menjadi salah satu langkah untuk menjadi seorang penggerak tim yang berkualitas. Jadi, untuk apa menunggu? Silakan baca buku ini untuk mengetahui kualitas-kualitas lain yang harus dimiliki setiap penggerak tim agar kita bisa menjadi pilihan utama.

Untuk membeli buku ini, kunjungi: http://micpublishing.co.id/shop/products-page/leadership/the-17-essential-qualities-of-a-team-player/

~ Artikel ini sudah dibaca 124 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!