fbpx
March 27, 2017

[Catatan Penerjemah] You Win in the Locker Room First

oleh: Jimmy Simanungkalit

Kenapa harus dimulai di locker room atau ruang ganti? Di dunia olahraga, ruang ganti merupakan tempat para atlet berganti baju dan menyimpan barang-barang pribadi. Bisa dikatakan sebagai ruang pribadi bagi tim. Tempat pelatih memberikan pengarahan singkat sebelum pertandingan atau latihan, juga melakukan evaluasi setelah pertandingan atau latihan. Saya memaknai ruang ganti ini seperti lingkungan internal tim secara keseluruhan. Mulai dari pemain, pelatih, staf, pemilik klub, hingga pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengembangkan tim pemenang.

Mike Smith melatih futbal selama 32 tahun, dan separuh masa itu di lewatkan sebagai pelatih di NFL (National Football League). Mike memang tidak selalu meraih kemenangan, tetapi bukan berarti ia tidak menorehkan prestasi yang luar biasa. Bersama Jon Gordon, ia membagikan pengalaman mengembangkan tim pemenang, termasuk kesalahan yang membuatnya mengalami kegagalan. Jadi, kita bisa belajar untuk tidak melakukan kesalahan  yang sama.

Buku ini menyajikan tujuh hal yang perlu dikembangkan dalam diri setiap anggota tim, dan semuanya dimulai dengan huruf C: Culture (Kultur), Contagious (Pengaruh), Consistent (Konsisten), Communicate (Komunikasi), Connect (Interkoneksi), Commitment (Komitmen), dan Care (Kepedulian). Semua itu akan mendukung Coaching (Pelatihan) dan Character (Karakter).

Salah satu hal yang dibahas dalam buku ini adalah dampak baik dan buruk perkembangan teknologi terhadap perkembangan tim. Kita tentu sering melihat bagaimana sekelompok orang berkumpul dalam satu meja atau ruangan, tetapi mereka sibuk menggunakan gawai masing-masing. Gara-gara teknologi, semakin sedikit interaksi yang bermakna di antara keluarga, teman, ataupun tim. Padahal, perkembangan teknologi komunikasi seharusnya bisa mendukung interkoneksi di antara anggota tim jika memang dimanfaatkan secara baik. Interkoneksi yang kuat terbentuk karena adanya komunikasi dan interaksi yang bermakna di antara anggota tim. Teknologi bisa digunakan untuk menyampaikan pesan secara lebih cepat, tetapi berkomunikasi dan berinteraksi di dunia nyata tetaplah lebih bermakna.

Buku You Win in the Locker Room First bisa Anda jadikan panduan untuk membentuk atau mengembangkan tim pemenang, bahkan untuk mengembangkan diri sendiri. Anda sudah membaca buku The Hard Hat yang juga ditulis Jon Gordon? Jika sudah, Anda tentu akan mengingat George Boiardi, pemuda yang menjadi teladan semasa hidupnya, dan keteladanannya tetap hidup meski ia sudah meninggal. Nah, silakan memanfaatkan buku ini untuk mengembangkan diri menjadi anggota tim unggulan, membimbing orang lain menjadi sosok unggulan, atau membentuk tim Anda menjadi tim pemenang. Selamat membaca!

 

~ Artikel ini sudah dibaca 28 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!