fbpx
May 30, 2018

Ciri-ciri Pemimpin yang Melayani

Smart Leaders, kepelayanan bukanlah tentang aktivitas yang dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian rendah di dasar sebuah perusahaan. Kepelayanan adalah mengenai sikap. Seorang pemimpin yang baik ingin melayani orang lain, bukan diri mereka sendiri.

John C. Maxwell menuliskan ciri-ciri pemimpin yang melayani.

  1. Lebih mendahulukan orang lain daripada agendanya sendiri

Tanda pertama dari kepelayanan adalah kemampuan untuk mendahulukan orang lain daripada diri sendiri dan keinginan pribadi Anda. Kepelayanan lebih dari sekadar bersedia menunda acara Anda. hal ini artinya dengan sengaja memperhatikan kebutuhan orang lain dan menganggap penting keinginan mereka.

  1. Memiliki rasa percaya diri dalam melayani

Kepelayanan sesungguhnyaberpusat pada keamanan. Cara kita memperlakukan orang lain benar-benar adalah refleksi dari cara kita menilai diri sendiri. Hanya pemimpin yang amanlah yang memberikan kekuasaan pada orang lain dan hanya orang yang amanlah yang menunjukkan kepelayanan.

  1. Berinisiatif untuk melayani orang lain

Semua orang akan melayani jika terpaksa. Beberapa orang akan melayani ketika terjadi krisis, namun Anda bisa benar-benar melihat hari dari seseorang yang mengambil inisiatif untuk melayani orang lain. Pemimpin besar melihat kebutuhan, mencari peluang, dan melayani tanpa mengharapkan imbalan apa pun.

  1. Tidak mementingkan posisi

Pemimpin yang melayani tidak mementingkan posisi atau jabatan. Pemimpin efektif selalu berusaha membantu orang lain. Menjadi pemimpin membuatnya bisa merasakan kewajiban untuk melayani dengan lebih mendalam.

  1. Melayani karena mengasihi orang lain

Kepelayanan tidaklah dimotivasi oleh manipulasi atau promosi probadi. Kepelayanan digerakkan oleh kasih. Pada akhirnya, luasnya pengaruh Anda dan kualitas dari hubungan tergantung pada dalamnya perhatian Anda pada orang lain. Itulah alasan mengapa pemimpin harus bersedia melayani.

Smart Leaders, pemimpin efektif akan mengabdikan dirinya untuk melayani orang lain.

Jadilah pemimpin hebat yang membangun hubungan kuat dengan orang lain. Bacalah buku kepemimpinan berjudul Relationship 101 dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 98 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!