fbpx
April 30, 2018

Dampak Gula Olahan Terhadap Tubuh Anda

Smart Leaders, gula olahan pada dasarnya adalah gula alami yang telah mengalami berbagai proses sehingga menghilangkan kandungan vitamin dan mineralnya. Proses ini menghasilkan gula yang mudah diserap oleh tubuh. Gula olahan ini meliputi gula pasir, tepung gula, beberapa gula merah, pemanis buatan seperti sirup jagung, dan lainnya

Mengonsumsi gula olahan dalam jumlah berlebihan memengaruhi tubuh dan kesehatan Anda. Dilansir dari Kaylaitsines.com, berikut beberapa dampak gula olahan terhadap tubuh Anda.

Hati

Hati menyimpan kelebihan gula dalam bentuk glikogen. Jika Anda mengonsumsi gula olahan lebih banyak daripada gula alami, ini akan melebihi kapasitas penyimpanan hati. Kelebihan gula ini akan diubah menjadi lemak dan disimpan dalam bagian tubuh yang tidak aktif. Inilah yang menyebabkan pinggang, perut, paha, pantat, dan bagian tubuh lain membesar. Sebagian lemak ini disimpan di dalam hati sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit hati.

Jantung

Mengonsumsi gula berlebih meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menekan kadar kolesterol baik. Kadar kolesterol jahat ini meningkatkan risiko Anda terkena serangan jantung.

Ketagihan

Bagi sebagian orang, gula olahan bisa menyebabkan ketagihan. Hal ini karena mengonsumsi gula olahan menyebabkan tubuh melepaskan dopamin dalam jumlah yang besar. Hormon ini bertanggung jawab memberikan rasa kebahagiaan dan kesenangan dalam tubuh. Inilah sebabnya timbul rasa senang ketika Anda mengonsumsi makanan manis, dan membuat Anda ingin terus mengonsumsinya. Akibatnya, Anda mengonsumsi gula lebih banyak dari yang tubuh Anda butuhkan.

Obesitas

Konsumsi gula berlebih menyebabkan kita cenderung mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Mengonsumsi gula olahan menekan rasa kenyang kita. Akibatnya, kita cenderung makan lebih banyak daripada mengonsumsi sayur dan protein. Selain itu, saat ini sangat banyak makanan yang mengandung gula olahan, mulai dari minuman bersoda, sereal, susu kental manis, hingga saos tomat.

Smart Leaders, batasi asupan gula olahan ke dalam tubuh Anda. Ganti konsumsi gula Anda dengan gula alami yang bisa didapatkan dari sayuran, buah, dan gandum-ganduman. Hal ini akan menjaga kadar gula darah Anda dan menjaga kesehatan.

~ Artikel ini sudah dibaca 15 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!