fbpx
July 26, 2017

Fakta Miris, Indonesia Selain Negara dengan Tingkat Kemacetan Tinggi, Juga Negara Paling Malas Jalan Kaki Sedunia

 

Hallo Smart Leaders,

Jika tempat kerja kita dekat dengan rumah, mungkin jalan kaki jadi aktivitas yang tampak sangat sepele. Tapi Smart Leaders jangan salah, jalan kaki saja sudah termasuk kegiatan olahraga ringan yang bisa dilakukan siapa saja dan bahkan menurut para ahli kesehatan, jalan kaki merupakan salah satu olahraga bagi kesehatan yang sangat dianjurkan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Sayangnya, ternyata tidak banyak orang yang suka melakukannya, apalagi nih di Negara kita sendiri, Indonesia.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Nature, menemukan bahwa Indonesia adalah negara dengan populasi warga yang paling malas jalan kaki, hanya berjalan dengan rata-rata 3.513 langkah setiap harinya dibanding negara lainnya. Ini jadi salah satu alasan terbesar kenapa kota-kota besar di Indonesia sering mengalami kemacetan parah.

via http://infokuberita.com
via http://infokuberita.com

Para peneliti dari Stanford University, merekam kegiatan dengan cara mengumpulkan data dari smartphone orang-orang dari berbagai negara. Dengan sebuah aplikasi yang bisa mengetahui seberapa banyak orang itu berjalan kaki setiap hari termasuk juga di Indonesia.

Sebaliknya, negara Hongkong jadi negara paling aktif, dengan populasi warga berjalan kaki rata-rata 7.000 langkah atau sekitar 6 kilometer per harinya. Tidak heran jika kemudian kini semakin banyak saja warga Indonesia yang mengalami masalah kegemukan dan sering sakit-sakitan, sedang hal ini sangat berbeda dengan Negara Indonesia.

via http://intisari.grid.id
via http://intisari.grid.id

Gaya hidup banyak orang sudah jauh berubah, apalagi didukung dengan semakin mudahnya segala hal, seperti teknologi, transportasi dan lain sebagainya. Orang lebih suka mengambil jalan tercepat untuk sampai ke tempat tujuan. Orang lebih suka duduk menghabiskan watu bermain smartphone dibanding jalan kaki dan melakukan kegiatan fisik lainnya.

Para peneliti berharap, penemuan ini bisa membantu banyak orang sadar untuk meningkatkan aktivitas fisiknya agar semua orang tetap sehat, bahkan hanya untuk berjalan kaki saja.

Meski tampak sepele, jalan kaki punya banyak manfaat kesehatan, apalagi menjaga kesehatan jantung dan membuatmu panjang umur. Jadi, sudahkah kamu berjalan kaki hari ini? Yuk lebih sehat dari sekarang, ladies.

Sumber: vemale.com

~ Artikel ini sudah dibaca 19 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!