fbpx
May 31, 2018

Fakta Tentang Kepemimpinan Menurut John C. Maxwell

Smart Leaders, memimpin adalah tingkatan selanjutnya untuk mencapai kesuksesan. Jika Anda ingin melangkah maju, maka Anda harus belajar memimpin.

John C. Maxwell menuliskan fakta yang harus Anda ketahui tentang kepemimpinan.

  1. Kepemimpinan adalah perjalanan yang diawali dari tempat Anda berada, bukan dari tempat yang ingin Anda tuju

Agar mengetahui cara untuk tiba pada tempat tujuan Anda, ketahuilah posisi Anda saat ini. Untuk mencapai tempat tujuan Anda, berfokuslah pada hal yang Anda kerjakan. Anda harus memperhatikan tanggung jawab Anda saat ini, bukan tanggung jawab yang Anda inginkan suatu hari nanti.

  1. Kemampuan kepemimpinan itu sama namun “medan pertandingannya” berubah

Jika Anda dipromosikan, jangan berpikir bahwa karena kantor baru Anda hanyalah beberapa langkah jauhnya dari kantor lama Anda, perbedaannya pun hanya beberapa langkah. Ketika Anda “diangkat” pada tingkatan kepemimpinan yang lebih tinggi, kualitas pertandingan Anda harus meningkat dengan cepat.

Tidak peduli apa tingkatan apa Anda bekerja, kemampuan kepemimpinan dibutuhkan pada tingkatan itu. Setiap tingkatan yang baru membutuhkan keahlian yang lebih tinggi.

  1. Tanggung jawab besar hanya datang setelah Anda menangani tanggung jawab kecil dengan baik

Dalam kepemimpinan, Anda harus memulai dari hal kecil dan mengembangkannya. Seseorang yang belum pernah memimpin sebelumnya harus berusaha memengaruhi satu orang lainnya. Seseoang yang telah memiliki pengaruh harus berusaha membangun tim. Awali saja dengan hal yang penting.

Tanggung jawab kecil yang Anda miliki saat ini terdiri dari penaklukan terbesar dalam kepemimpinan yang harus Anda buat. Jangan berusaha menaklukkan dunia hingga Anda telah memperhatikan hal-hal yang ada di halaman belakang Anda sendiri.

  1. Memimpin pada tingkatan Anda saat ini menciptakan resume untuk membawa Anda pada tingkatan selanjutnya

Dalam kesuksesan kepemimpinan, sejarah menentukan. Catatan pekerjaan Anda saat ini adalah hal yang akan dilihat oleh para pemimpin ketika berusaha memutuskan apakah Anda bisa melakukan sebuah pekerjaan.

Jika Anda ingin memperoleh kesempatan untuk memimpin di tingkatan selanjutnya, maka kesempatan terbaik Anda untuk meraih kesuksesan adalah dengan memimpin dengan baik pada tempat Anda berada saat ini. Setiap kali memimpin dan sukses, Anda membangun resume untuk pekerjaan Anda selanjutnya.

Smart Leaders, kepemimpinan adalah tindakan, bukan posisi. Bertindak dan membantu yang lain untuk melakukan hal yang sama dalam usaha yang terkoordiniasi, adalah nilai penting dari kepemimpinan.

Raihlah kesuksesan, temukan caranya dengan membaca buku Success 101 dari John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 130 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!