fbpx
April 26, 2016

Gemar Membaca Buku? Gabung di Komunitas Ini Yuk!

Smart Leaders, masih ingat hari Sabtu, tanggal 23 April 2016 kemarin? Ternyata hari itu diperingati dengan Hari Buku nasional di Negara kita. Salah satu cara untuk merayakan Hari Buku adalah bergabung dengan Komunitas. Hal ini perlu dilakukan bagi Anda yang bingung memilih genre buku yang tepat atau memulai membaca buku apa.

Selain itu dengan dukungan teman-teman komunitas, Anda pun akan lebih semangat untuk mulai gemar membaca. Berikut ini mimin punya 5 website komunitas buku yang mungkin bias jadi salah satu rekomendasi Anda untuk bergabung. Simak yuk!!

  1. Goodreads

Website yang diluncurkan sejak Januari 2007 ini telah memiliki lebih dari 30 juta anggota, 900 juta buku yang terdaftar, dan 34 juta ulasan buku. Otis Chandler pendiri dari Goodreads mendapatkan ide membuat website ini saat dia melihat-lihat rak buku temannya untuk bahan bacaan selanjutnya.
Dari situlah, Chandler tersadar betapa dia mengutamakan ulasan dari teman dibanding peringkat buku yang laku untuk memilih bacaan selanjutnya. Maka beberapa hal yang ditawarkan website ini yaitu melihat buku yang sedang dibaca teman, menyimpan data buku yang sedang dibaca, sudah dibaca dan akan dibaca, mendapatkan rekomendari bacaan selanjutnya dari ‘rak buku’ Goodreads, dan mengetahui apakah satu buku sesuai dengan selera kita melalui ulasan komunitas.

  1. LibraryThing

LibraryThing merupakan website online yang membantu orang dalam membuat katalog buku bagi si kutu buku. Selain itu LibraryThing mengkoneksi orang-orang yang memiliki selera buku yang sama dan memberikan sugesti buku apa yang selanjutnya bisa Anda baca.
Website yang  dibuat oleh Tim Spalding ini, membebaskan Anda membuat katalog mencapai 200 buku. Namun jika berminat mengkatalog buku lebih dari itu, maka Anda harus membayar $10 per tahun atau $25 untuk selamanya. Tidak hanya mengkatalog buku, website yang dideskripsikan “Facebook untuk Buku” ini memungkinkan Anda melihat ‘perpustakaan’ orang lain dan saling membagikan saran untuk buku yang selanjutnya di baca.

  1. Online Book Club

Buku yang bagus dan waktu untuk membaca memang kegiatan yang diidamkan oleh pecinta buku. Nah website ini membantu orang yang gemar membaca buku untuk berbagi ulasan dan rekomendasi buku.
Selain itu, Online Book Club unggul dalam diskusi interaksi dan mengumpulkan polling mengenai buku. Anda bisa menemukan berbagai macam informasi dan diskusi mengenai buku klasik hingga buku modern baik dalam rupa buku atau ebook. Di website ini Anda juga bisa membuat rak buku virtual untuk memudahkan Anda menyimpan dan membagikan buku apa saja yang pernah Anda baca.

  1. Nothing Binding

Anda termasuk pembaca yang tertarik menemukan penulis-penulis baru? Anda bisa bergabung ke Nothing Binding. Website ini dibuat untuk penulis independen dalam berbagai format, gaya penulisan, atau publikasi. Sehingga Nothing Binding dijadikan sarana yang tepat untuk mempromosikan buku tanpa biaya apapun.
Nah bagi pembaca, melalui website ini kita mendapatkan kesempatan untuk menemukan penulis berbakat yang baru meniti karir. Jerry D. Simmons, pendiri website ini, menyatakan bahwa bersama-sama kita (mencakup penulis, pembaca dan Nothing Binding) memutus rantai sistem penerbitan lama untuk menjadi penerbitan global independen.

  1. AuthorsDen

Menggemari penulis yang berasal dari kota atau negara berbeda membuat kita sebagai penggemarnya merasa jauh. Maka AuthorsDen berfokus membuat kembali hubungan tatap muka antara penulis dan pembaca.
Di website ini, penulis membuat, membagikan, berinteraksi dengan satu sama lain, dan menjual langsung karya mereka ke pembaca secara online. Jadi setiap pembaca akan merasa lebih dekat dengan penulisnya melalui bantuan website ini.

  1. MIC Publishing

Nah untuk website terakhir adalah website mimin punya, hehe. Di sini Anda akan mendapatkan buku mengenai pengembangan diri, kepemimpinan, tim dan juga kiat-kiat sukses. Beberapa buku terbitan MIC Publishing merupakan karya penulis buku terlaris di dunia, seperti John C. Maxwell. Ken Blanchard, Jon Gordon, David J. Schwartz, dan masih banyak lagi.

Di website ini, MIC menjual langsung karya terbitan mereka ke pembaca secara online. Juga ada beberapa artikel yang wajib banget untuk dibaca sebagai recomendasi dari beberapa buku. Jadi setiap pembaca akan merasa lebih terbantu melalui bantuan website ini. Benarkan Smart Leaders?

 

So, kira-kira manakah yang akan menjadi salah satu pilihan untuk bergabung? Tetapi tetep setia sama MIC Publishing dan buku-bukunya ya Smart Leaders.

~ Artikel ini sudah dibaca 464 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!