Gretchen Rubin Meminta Anda Tidak Bergantung Pada Motivasi

Grechen Rubin mengatakan lebih baik tidak tergantung pada motivasi (by: www.bakadesuyo.com)
Grechen Rubin mengatakan lebih baik tidak tergantung pada motivasi (by: www.bakadesuyo.com)

Smart Leader, penulis buku The Happiness Project, Gretchen Rubin mengatakan “Orang-orang sering menggunakan kata motivasi untuk menggambarkan hasrat mereka terhadap hasil tertentu sebaik alasan mereka untuk benar-benar melakukan sesuatu. Hasrat dan tindakan kadang bercampur aduk membingungkan.

Untuk membuatnya lebih membingungkan, orang-orang sering berkata mereka “termotivasi” untuk melakukan sesuatu. Sebenarnya yang mereka maksudkan adalah “Lingkungan saya mendorong melakukan sesuatu, saya tahu manfaat melakukannya. Tapi,saya tidak terlalu berhasrat dan berniat melakukannya. Tapi apakah  saya termotivasi melakukannya? Oh, tentu saja.

Orang-orang sering bercerita mereka memiliki motivasi yang tinggi mencapai suatu tujuan, tapi ketika saya desak, mereka memiliki semangat mencapai suatu hasil, tapi tidak melakukan apa pun untuk mencapainya.

Mereka sesungguhnya tidak termotivasi oleh motivasi.

Gretchen berpendapat daripada berpikir “Saya sangat ingin mengurangi berat badan”, lebih baik berpikir langkah konkrit yang akan diambil, “Saya tidak akan memakan fast food lagi”, “Saya akan mengurangi konsumsi gula”.

Ia berpendapat Anda akan lebih baik mencapai tujuan atau cita-cita dengan menerapkan kebiasaan yang bermanfaat untuk mencapainya. Untuk menumbuhkan kebiasaan itu, awali dengan mendata alasan kuat kenapa Anda harus melakukan kebiasaan itu.

Gretchen menyarankan, dari pada Anda berpikir “Saya memiliki motivasi untuk melakukan _____,”lebih baik pikirkan: “ Apa yang saya inginkan, dan kenapa saya menginginkannya? Langkah apa yang bisa saya lakukan untuk mencapai tujuan saya?”

Jangan berharap termotivasi oleh motivasi.

Diterjemahkan dan disarikan dari: Gretchen Rubin blog

Artikel ini sudah dibaca 3 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *