fbpx
January 26, 2018

Gunakan Kemerosotan untuk Keuntungan Anda

Smart Leaders, hidup itu seperti putaran roda—kadang di atas, kadang di bawah. Anda tidak selalu mengalami kemenangan dan keberhasilan, tapi ada waktunya hidup Anda seakan terjun bebas. Namun, ada banyak orang yang terjebak dalam kemerosotan dan sukar untuk bangkit kembali. Mereka mengalami kekalahan, kegagalan, hambatan dan tantangan yang seakan tak pernah berhenti.

Kemerosotan adalah satu cara memperkuat Anda sebelum hal lebih baik datang.

Bersiaplah

Umumnya dalam hidup, kemerosotan terjadi dalam empat fase: kesejahteraan, kemunduran, depresi, dan pemulihan. Kita melihat ada banyak kesuksesan sebelum akhirnya mulai meredup, melemparkan kita ke jurang yang sulit untuk keluar darinya tanpa cara pandang yang benar.

Kita semua akan mengalami kemunduran, namun cara kita melangkah menuju fase pemulihan memberikan perbedaan yang besar. Jika Anda memiliki cara pandang yang benar, kemunduran dan depresi bisa dilewati dengan cepat. Ambillah cara pandang bahwa Anda sedang dipersiapkan untuk sesuatu yang lebih baik.

Dataran dan pertumbuhan

Pernahkah Anda mendengar cerita tentang seorang petani yang melihat sebuah kepompong. Lalu ia memerhatikan seekor kupu-kupu mencoba keluar dari kepompong melalui sebuah lubang kecil. Petani itu mengira ia membantu kupu-kupu tersebut dengan memperbesar lubang itu dengan pisaunya. Akan tetapi, ia malah membunuh kupu-kupu itu.

Jangan pandang hidup Anda sebagai “puncak dan lembah”. Pandanglah hidup Anda sebagai “dataran dan pertumbuhan”. Anda lebih baik mengejar pertumbuhan pribadi dan profesional daripada mengkhawatirkan produktivitas Anda yang menurun.

Perjuangan itu nyata

Perjuangan, seperti halnya kemunduran dan depresi dalam siklus hidup, memperkuat kupu-kupu seperti cerita di atas sehingga bisa terbang. Maka, tanamkan pandangan positif dalam diri Anda. Jadikan motivasi dan inspirasi dari tantangan yang Anda hadapi. Hiduplah bertanggung jawab, bersyukurlah, dan bersiaplah untuk terbang. Perjuangan Anda adalah sumber kekuatan, bukan sumber stres.

Jangan tenggelam dalam depresi

Jadilah konsisten dan gigih dalam menikmati perjuangan Anda mencapai potensi. Jangan biarkan masa-masa sulit menghentikan Anda. Jangan hanya menunggu perubahan, tapi Andalah yang harus membuat perubahan itu.

Saat ini Anda mungkin belum sejahtera, tapi ketahuilah bahwa kemunduran dan depresi yang Anda hadapi akan mengarahkan Anda ke kondisi yang jauh lebih baik. Pelajarilah bahwa banyak miliarder bangkrut terlebih dahulu sebelum akhirnya bangkit menjadi lebih baik.

Smart Leaders, pahamilah bahwa kemunduran yang Anda alami akan membuat Anda semakin kuat. Kemunduran, kegagalan, dan tantangan yang Anda hadapi akan membuat Anda semakin tangguh ketika banyak hal tidak berjalan sesuai keinginan Anda. Anda hanya perlu memandangnya dengan sudut pandang yang berbeda.

Jangan takut akan kegagalan, pelajari kisah dan cara bangkit dari kegagalan dengan membaca buku Failing Forward karya John C. Maxwell

Sumber: Entrepreneur.com

~ Artikel ini sudah dibaca 18 kali

Share yuk!

One thought on “Gunakan Kemerosotan untuk Keuntungan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!