fbpx
December 27, 2016

Hemat Keuangan Saat Liburan Akhir Tahun? Mudah Lho Smart Leaders!

“Traveling’s not something you’re good at. It something you do like breating.” – Gayle Foreman.

Smart Leaders,

Hitungan hari ke depan, kita semua akan dihadapkan pada liburan yang cukup panjang. Untuk liburan kali ini, ke mana nih rencana Anda dan keluarga atau dengan teman hingga rekan kerja?

Smart Leaders, libur akhir tahun merupakan libur yang begitu mengesankan bagi semua orang. Apalagi, di libur akhir tahun biasanya ada banyak diskon dan acara-acara menghibur. Selain menghibur, itu semua tentunya juga siap menguras kantong Anda. Kalau tidak hati-hati, liburan ini bisa saja menguras habis isi rekening Smart Leaders loh.

Sebelum akhir bulan, adakah dari Anda yang sudah menerima gaji di awal? Eits, kalau ada, usahakan untuk pandai-pandai mengelola keuangan ya. Jangan sampai, gaji yang Anda terima di awal cepat habis karena dibuat untuk senang-senang waktu liburan. Jangan sampai, gaji Smart Leaders habis sebelum waktunya karena Smart Leaders terlalu boros. Untuk mencegah hal itu, juga untuk mengelola uang gaji agar tidak segera habis buat liburan, Mimin MIC Publishing punya tipsnya nih.

Mau tahu seperti apa tipsnya? Yuk, simak baik-baik berikut ini.

Sisihkan Sebagian Gaji

via theholyweb.com

Pastikan untuk selalu menyisihkan sebagian gaji Anda. Disarankan agar Anda menyisihkan paling sedikitnya sepertiga bagian dari jumlah gaji. Simpan di rekening khusus. Usahakan agar sama sekali tidak menggunakan uang ini jika memang tak membutuhkannya. Hanya gunakan ketika Smart Leaders benar-benar membutuhkannya buat keperluan darurat.

 

Catat Pengeluaran Bulanan

via hhfcu.org

Catat semua pengeluaran bulanan Anda. Tak peduli keperluan kecil atau besar, pastikan untuk mencatatnya secara rinci. Dengan mencatat secara rinci pengeluaran, Smart Leaders akan lebih teliti dan bisa melakukan evaluasi terhadap kebutuhan apa saja yang Anda butuhkan setiap bulannya. Secara tidak sadar, ini juga akan bantu Smart Leaders menjadi pribadi yang lebih hemat serta cermat.

 

Prioritaskan Beli Kebutuhan Paling Penting/Dibutuhkan

via keyword-suggestions.com

Jalan-jalan dan liburan memang menyenangkan. Apalagi, jika kita dihadapkan pada moment belanja dan melihat-lihat souvenir dari lokasi wisata yang memiliki harga sangat murah. Tapi, sekali lagi ingat bahwa Anda harus tetap memprioritaskan kebutuhan yang harus Smart Leaders beli. Beli souvenir yang memang sedang Anda butuhkan. Jangan beli jika Anda tidak membutuhkannya. Beli segala sesuatu dengan cermat dan jangan mudah tergoda memborong barang-barang yang telah didiskon.

 

Siapkan Uang Cash Secukupnya di Dompet

via google.com

Usahakan untuk menyiapkan uang cash secukupnya di dompet. Belanja dengan uang cash akan bantu Smart Leaders lebih hemat dan mengontrol pengeluaran jika dibandingkan dengan belanja pakai kartu kredit atau debet. Jangan ambil uang di atm jika uang cash masih cukup buat memenuhi kebutuhan selama satu bulan ke depan.

 

Simpan Uang di Tabungan Khusus

via vemale.com

Selain simpanan dari menyisihkan sebagian gaji, kamu juga perlu menyimpan uang lain di tabungan khusus. Siapkan satu tempat atau wadah untuk menyimpan uang bulanan kamu yang sisa. Dengan begini, kamu akan memiliki uang tambahan yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Adanya uang di tabungan khusus ini juga akan bantu Smart Leaders meminimalisir keinginan ambil uang di atm.

 

Mentraktir Teman Boleh, Tapi Jangan Sering-Sering

via sprudge.com

Mentraktir teman dan membuat mereka bahagia memang baik dan bagus. Tapi Smart Leaders harus ingat, Anda butuh membahagiakan diri Anda sendiri. Sesekali dalam sebulan mentraktir teman boleh, tapi jangan terus menerus. Smart Leaders juga perlu ditraktir kan? Teman yang baik tak akan membuat Smart Leaders bangkrut, mereka justru akan tahu diri dan saling membahagiakan satu sama lain. Terima jika ada teman yang berniat baik gantian mentraktir Anda.

 

Isi Liburan dengan Kegiatan Bermanfaat di Rumah

via laughonthefloor.com

Liburan dan jalan-jalan memang dibutuhkan agar pikiran kita lebih fresh. Tapi, liburan dan jalan-jalan terlalu sering serta dalam waktu yang terlampau lama justru tidak baik. Agar liburan lebih bermanfaat dan hemat, alangkah baiknya jika Anda melakukan kegiatan positif di rumah. Kegiatan tersebut bisa belajar memasak, membuat kue, bertaman, membersihkan rumah atau menata kembali berbagai furniture yang ada di rumah.

Smart Leaders, itulah beberapa tips yang bisa Smart Leaders lakukan untuk berhemat agar gaji tidak segera habis selama liburan. Tips yang cukup mudah bukan? Kalau Anda, punya tips lain jangan lupa share di kolom komentar ya.

~ Artikel ini sudah dibaca 7 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!