fbpx
December 23, 2017

Ingin Jadi Pemimpin Kuat? Jangan Lakukan Hal Ini

 

Smart Leaders, seseorang yang memiliki kekuatan mental kuat memiliki ketahanan mereka bukanlah tentang hal yang mereka lakukan, tapi hal yang tidak mereka lakukan. Mereka mampu menahan diri dari melakukan kebiasaan mental buruk sehingga memberikan keuntungan besar dalam kehidupan mereka. Tidak pedulu kesulitan, tantangan, atau kemunduran apa pun yang Anda hadapi, mereka memiliki kemampuan mencapai potensi tertinggi mereka.

Seorang pemimpin, membutuhkan kekuatan mental memimpin tim mereka melewati saat baik dan buruk. Untuk membuat kebiasaan baik mereka efektif, pemimpin harus menghentikan kebiasaan buruk yang akan melemahkan kekuatan mental mereka.

Menurut INC-Asean.com, ada beberapa hal yang tidak dilakukan pemimpin kuat.

  1. Mereka tidak menyembunyikan ketidakamanan mereka.

Mengakui Anda tidak mahir dalam semua hal membutuhkan kerendahhatian—sebuah tanda nyata kekuatan.

  1. Harga diri mereka tidak tergantung pendapat orang lain.

Jika Anda merasa harga diri jatuh setiap kali Anda mendengarkan kritik—atau melonjak tinggi setiap kali Anda menerima pujian—Anda tidak akan bisa memimpin dengan baik. Pemimpin yang kuat mental tidak memerlukan orang lain untuk membuktikan harga diri mereka.

  1. Tidak membiarkan emosi menguasai mereka.

Pemimpin kuat tidak menekan emosi mereka. Mereka sadar bahwa perasaan mereka memengaruhi tingkah laku. Mereka kemudian mengelola dan mengendalikan emosi tersebut sehingga bisa bertingkah laku produktif.

  1. Tidak menghentikan kritik.

Pemimpin tidak efektif menghentikan semua kritik karena menyakiti ego mereka. namun, pemimpin kuat mampu memilah kritik yang membangun dan merusak. Mereka mampu menjadikan kritik, dan saran sebagai bahan untuk perbaikan.

  1. Tidak menyangkal batasan mereka.

Seorang pemimpin yang memasuki suatu situasi dan percaya mereka pasti akan berhasil tanpa sedikit pun kemungkinan gagal, merupakan yang tercepat gagal. Pemimpin kuat mengakui batasan mereka, baik sebagai individu ataupun tim.

  1. Tidak mengelak dari tanggung jawab.

Pemimpin yang kuat tidak mengelak dari tanggung jawab. Mereka menerima sepenuhnya tanggung jawab dari pilihan yang mereka ambil. Pemimpin kuat mengakui saat mereka mengacau dan bersedia bertanggung jawab terhadap perbuatannya tersebut.

Tidak seorang pun lahir dengan kekuatan mental—tapi setiap orang memiliki kemampuan menjadi kuat mental. Membangun kekuatan mental membantu Anda mencapai potensi tertinggi—dalam tingkatan personal dan profesional.

Saat Anda menjadi lebih kuat secara mental, Anda akan menginspirasi orang lain menjadi lebih baik.

Pelajari lebih banyak tentang kepemimpinan dengan membaca buku The 21 Irrefutable Laws of Leadership

~ Artikel ini sudah dibaca 14 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!