fbpx
August 25, 2016

Ingin Jadi Pengusaha Tapi Bingung Mulai Darimana? 9 Cara Ini Langkah Awalnya!

Hallo Smart Leaders, di hari kamis ceria ini, apa sih yang benar-benar mau Smart Leaders lakukan? Kalau mimin sih pingin banget nih jadi pengusaha muda. Tapi masih bingung nih, enaknya bisnis apa ya? Hmm…

Apakah Smart Leaders juga  sering berpikir seperti itu? Ingin sekali terjun ke dunia bisnis, namun tidak tahu jenis usaha apa yang akan dipilih. Memang benar Smart Leaders jadi seorang pengusaha memang susah-susah gampang. Niat saja kurang cukup untuk mengembangkan bisnis yang profitable. Modal uang penting, tapi ide dan rencana bisnis lebih penting lagi.

So, jangan sampai niat dan semangat kita padam hanya karena tak kunjung tahu harus menggeluti bisnis apa. Berikut ini mimin punya beberapa tips agar idenya bisa segera Smart Leaders peroleh, mungkin Anda bisa melakoni 9 langkah yang akan mimin jabarkan berikut ini! Stay Reading yeah 😀

1. Buat daftar minat pribadi beserta hobi, siapa tahu dari sini Anda bisa dengan mudah mendapat inspirasi.

Langkah-langkah menjadi pengusaha, kalau Anda suka makan bisa loh berbisnis kulineran via www.tramaretro.com
Langkah-langkah menjadi pengusaha, kalau Anda suka makan bisa loh berbisnis kulineran via www.tramaretro.com

Smart Leaders, sebagai langkah awal yang tergolong paling mudah, Anda bisa membuat list sederhana mengenai hal-hal yang menarik minat beserta dengan hobi Smart Leaders pribadi. Dari hal yang Anda tuliskan, Anda bisa mengembangkan menjadi cabang-cabang bisnis yang sangat mungkin untuk digeluti.

Misalnya saja jika Anda gemar memasak, Anda bisa membuka bisnis katering atau menerima pesanan kue cupcake. Bahkan, hobi melihat pertandingan bola dan mengoleksi pernak-pernik klub bola kesayangan pun bisa dikembangkan menjadi bisnis mandiri. Jual saja segala macam pernak-pernik original dari klub bola yang tak bisa ditemukan di toko kebanyakan. Menggeluti bidang usaha yang Anda cintai akan membuat Smart Leaders makin ringan menjalaninya.

2. Ajak teman-teman terdekat Smart Leaders untuk bertukar pendapat. Tak hanya mendapat masukan ide, siapa tahu usaha bersama juga bisa kalian dirikan.

Bertukar pendapat dengan teman juga bisa loh, kali aja Smart Leaders bisa ngajak mereka untuk kerjasama :D via sprudge.com
Bertukar pendapat dengan teman juga bisa loh, kali aja Smart Leaders bisa ngajak mereka untuk kerjasama 😀 via sprudge.com

Selain berusaha mencari ide sendiri, Smart Leaders bisa bertukar pikiran bersama dengan para kawan. Siapa tahu beragam pendapat mereka bisa digabungkan dan akan menghasilkan ide unik untuk berbisnis. Selain mendapat ide yang tak biasa, Anda dan para kawan pun justru bisa bekerja sama untuk mendirikan usaha gabungan. Toh, di usia yang masih muda ini Anda bebas mencoba beragam usaha semau Anda. Tak perlu terjun ke dunia usaha seorang diri, beban Smart Leaders pun justru akan terasa ringan karena ditanggung bersama kawan.

3. Smart Leaders juga bisa bertemu orang baru dengan bergabung di komunitas tertentu. Siapa tahu perbincangan bersama mereka bisa menghadirkan ide bisnis di kepala.

gabung sama komunitas sesuai dengan bisnis yang akan Smart Leaders geluti, via www.pressroomid.com
Bergabung sama komunitas sesuai dengan bisnis yang akan Smart Leaders geluti, via www.pressroomid.com

Selain mengajak para kawan untuk brainstorming, Smart Leaders juga bisa memperluas jaringan dengan bertemu dengan banyak orang baru. Bergabunglah dengan berbagai komunitas dan juga ikuti ragam seminar. Bahkan, Smart Leaders bisa menjalin kembali komunikasi dengan kawan lama. Siapa tahu dari mereka, Anda bisa mendapat banyak ide usaha.

4. Cermati modal yang Smart Leaders miliki. Sehingga Anda bisa menyesuaikan modal dengan bidang bisnis yang akan digeluti.

smart Leaders juga harus mencermati dulu modal bisnis  yang akan Smart Leaders geluti, via www.solopos.com
Smart Leaders juga harus mencermati dulu modal bisnis yang akan Smart Leaders geluti, via www.solopos.com

Selain menuangkan ide yang ada di kepala dan meminta saran dari para kawan, Smart Leaders juga bisa mencari tahu bisnis yang tepat dari besaran modal yang dipunyai. Dengan mengetahui secara pasti modal yang dimiliki, Smart Leaders jadi semakin mudah untuk menentukan jenis usaha yang akan Anda geluti. Sehingga nantinya Smart Leaders tak akan kelimpungan mencari uang demi menekuni bisnis impian.

5. Buat analisis sederhana mengenai calon target market Smart Leaders, Anda jadi tahu apakah bisnis yang akan Anda jalani ini bisa berhasil atau tidak melalui target pasar Anda.

Analisis target pasar juga kunci utama Anda untuk memulai sebuah bisnis loh :D via www.dennamichelle.nl
Analisis target pasar juga kunci utama Anda untuk memulai sebuah bisnis loh 😀 via www.dennamichelle.nl

Setelah membuat daftar hobi demi memperoleh ide, selanjutnya Smart Leaders bisa membuat analisis sederhana untuk mengetahui apakah bisnis yang akan Anda tekuni ini bisa berjalan baik atau tidak. Buat saja pemetaan sederhana mengenai siapa saja sasaran dari bisnis Anda ini. Dari mulai gender, usia, hingga berasal dari kalangan mana. Semakin luas cakupannya, potensi kesuksesan bisnis Anda juga kian besar.

Dan ke 6-nya? Eitss rahasia dulu ya Smart Leaders, jadi biar Smart Leaders penasaran. So pahami dulu aja ya 5 tips di atas. Semoga bermanfaat dan berhasil dilakukan buat Smart Leaders yang mau dan pingin banget membangun sebuah bisnis dari 😀

Tunggu Tips lainnya yaa Smart Leaders, jangan lupa baca buku MIC Publishing 😀

~ Artikel ini sudah dibaca 33 kali

Share yuk!

2 thoughts on “Ingin Jadi Pengusaha Tapi Bingung Mulai Darimana? 9 Cara Ini Langkah Awalnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!