fbpx
April 30, 2018

Ingin Produktif? Jangan Tertekan Gara-gara Hal Ini

Smart Leaders, orang-orang produktif memperlakukan pekerjaan mereka seperti maraton, bukan lari jarak pendek.

Saat kita melihat kebiasaan dan pola pikir orang-orang yang selalu terlihat memiliki ide baru, konsisten memberikan hasil pada tingkatan yang hanya bisa kita impikan, ada beberapa hal yang sama. Mereka terbuka menerima ide baru dan tidak mempermasalahkan ide mereka ditolak. Mereka tidak memperlakukan kebuntuan sebagai akhir karier dan tidak takut kehabisan ide.

Faktanya, mereka fokus pada hal yang bisa mereka ciptakan dan ubah, bukan pada hal yang berpotensi menggelincirkan dan menghalangi mereka. Forbes.com menuliskan hal-hal yang tidak seharusnya menekan dan membuat takut jika Anda ingin menjadi seorang yang produktif.

  1. Kehilangan kreativitas

“Creative’s block”—perluasan dari writer’s block—merupakan hal omong kosong. Hal ini terjadi saat kita tidak tahu apa yang sedang kita lakukan atau saat kita mencoba terlalu keras. Kehilangan kreativitas bukan tanda Anda tidak berbakat atau membutuhkan dorongan lebih. Hal itu merupakan tanda Anda butuh waktu untuk menata ulang pikiran Anda.

  1. Kehabisan ide

Ada banyak cara menciptakan sesuatu dan tak terhingga cara membentuk ulang serta meningkatkannya. Ketakutan kehabisan ide muncul karena menganggap ide adalah sumber daya tak terbarukan, sekali habis tidak bisa tumbuh lagi. Kenyataannya, kreativitas seperti otot, semakin sering Anda memakainya, semakin baik kreativitas Anda.

  1. Beralih ketika suatu hal tidak seperti rencana

Orang produktif tidak terlalu terikat pada satu ide. Jika suatu ide tidak berjalan seperti rencana, mereka mampu melepaskannya dan mencoba lagi dengan pendekatan berbeda. Mereka tidak berlarut-larut pada kegagalan dan kemunduran yang terjadi, tapi menjadikannya pembelajaran.

  1. Gagal pada percobaan pertama

Kreativitas bukan berarti Anda berhasil setiap saat. Kreativitas berarti tidak takut terus mencoba, bahkan walau kemungkinan gagal lagi selalu ada.

  1. Sempurna setiap saat

Kesempurnaan sangat membantu pada tingkatan lebih kecil, namun mencoba membuat segala sesuatu persis seperti yang Anda bayangkan akan menahan Anda. Orang produktif tidak mengkhawatirkan memberikan kesempurnaan, tapi memberikan hasil terbaik yang bisa dia capai.

  1. Terbuka dengan ide orang lain

Orang-orang kreatif nampak selalu datang dengan ide-ide segar baru, tetapi ide tersebut muncul dari tim yang melakukan pengumpulan ide, diolah,  dikembangkan, dan dijalankan sehingga memberikan hasil. Itulah alasannya orang produktif tidak pernah memaksakan idenya menjadi satu-satunya ide. Mereka menghargai sudut pandang dan ide orang lain

  1. Menantang status quo

Inovator tidak mencoba menyempurnakan hal yang sudah ada, mereka mencoba menciptakan hal yang belum ada. Mencoba mengubah status quo akan selalu menghasilkan penolakan, tantangan, keraguan, dan kecemburuan. Hal tersebut merupakan reaksi alami manusia terhadap sesuatu yang tidak diketahuinya. Orang produktif mencoba menciptakan hal yang orang lain butuhkan—yang terkadang mereka tidak menyadari membutuhkannya—daripada menyempurnakan apa yang telah mereka miliki.

  1. Ide tidak diterima dengan baik

Tidak disetujui, tidak disukai, dikritik, dan dihakimi tidak berarti menjadi akhir dunia. Semakin Anda takut pada hal-hal tersebut, maka Anda akan semakin menahan diri mencoba hal-hal baru. Itulah sebabnya orang produktif tidak terburu-buru mempertahankan setiap ide yang ia punya. Mereka menjadikan reaksi orang lain sebagai evaluasi, untuk diperbaiki di masa depan.

  1. Beristirahat

Orang produktif mengerti bahwa ketika Anda lelah, kerja berlebihan, dan tidak memiliki ide, maka bukan waktunya mencoba lebih keras. Anda harus mengistirahatkan tubuh dan pikiran Anda. Hal ini akan membuat pikiran dan tubuh Anda jernih dan segar setelah beristirahat.

  1. Mencoba lagi

Yang menggambarkan orang produktif adalah mereka memiliki tujuan jangka panjang. Mereka tidak takut mencoba lagi. Daripada menerima kekalahan, mereka belajar untuk beralih, dan meningkatkan kualitas diri.

Smart Leaders, menjadi produktif berarti memberikan hasil yang berarti untuk tim dan perusahaan Anda. Orang produktif tidak tertekan dan takut pada hal-hal di atas. Mereka menjadikan hal tersebut sebagai kesempatan untuk terus memberikan hasil terbaik.

~ Artikel ini sudah dibaca 33 kali

Share yuk!

One thought on “Ingin Produktif? Jangan Tertekan Gara-gara Hal Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!