fbpx
October 31, 2017

Ingin Sukses Dalam Bisnis? Yuk Kenali 5 Tipe Klien Ini

Smart Leaders, 

Pepatah pernah mengatakan “pembeli adalah raja,” begitu juga dengan klien.

Setiap orang memiliki sifat dan watak yang berbeda-beda, ada yang baik, ramah, pemarah, cerewet dan sebagainya. Apabila Smart Leaders sedang memulai merintis karir sebagai Freelancer atau bahkan pebisnis, maka mau tidak mau Anda harus menghadapi banyak karakteristik klien yang mungkin saja akan membuat Smart Leaders kerepotan.

Pemasukan dan pengeluaran dalam sebuah bisnis merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk itu sangat penting bagi Anda sebagai pebisnis untuk menjalin relasi yang baik terhadap klien. Setiap pebisnis diharuskan mengutamakan klien demi kepentingan bersama, salah satunya agar bisnis yang dicanangkan berjalan lancar tanpa kendala.

Lalu seperti apa sih Jenis-jenis klien dan wataknya yang harus Smart Leaders pelajari?

1. Perfeksionis
Wah kalau ketemu klien tipe ini, Anda layak berhati-hati. Kenapa? Karena salah sedikit bisa jadi dia menolak semua penawaran yang ditawarkan. Jadi, atur strategi terlebih dahulu sebelum bertemu ya.

2. Pasif agresif
Tak jauh berbeda dengan klien tipe perfeksionis, klien bertipe pasif agresif ini juga patut Anda beri perhatian lebih. Biasanya mereka akan menolak atau komplain beberapa ide yang Anda kemukakan. Tapi tak perlu khawatir, Anda bisa menawarkan revisi setiap kali pekerjaan yang Anda kerjakan selesai.

3. Sulit dihubungi
Bagi sebagian pebisnis, tipe klien seperti ini agak menyebalkan. Bagaimana tidak menyebalkan? Dihubungi saja susah, apalagi diajak kerjasama. Tapi tak usah kesal dulu, karena bisa jadi sikapnya ini hanya sebatas ujian sementara sebelum akhirnya Anda closing. Solusinya adalah tetap menjaga komunikasi, tak perlu intens, tapi tertarget.

4. Tidak tahu waktu
Pernah menghadapi klien yang inginnya dilayani saat jam istirahat atau akhir pekan? Hal ini tentu sedikit menjengkelkan, tapi Anda bisa membatasi jam kerja Anda misalnya dengan menonaktifkan email pada akhir pekan. Memang sih, beberapa klien tak terima dengan kondisi seperti ini, kebanyakan dari mereka butuh respon yang cepat. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda bisa mem-follow-up kembali klien kapan waktu yang tepat untuk dihubungi. Dengan begini, klien akan memikirkan kembali ketika ingin menolak panggilan Anda karena sikap Anda yang terlampau menghargai waktunya.

5. Bertanggung jawab
Ini dia tipe klien yang paling dinantikan oleh setiap perusahaan. Kehadirannya sangat ditunggu karena sikapnya yang cenderung simbiosis mutualisme (saling menguntungkan). Selain bertanggung jawab, klien tipe ini juga sangat kooperatif sehingga dapat membantu mempercepat selesainya pekerjaan.

Sebenarnya, masih banyak lagi tipe klien yang akan dijumpai, tapi kelima tipe di atas lebih sering ditemui. Kalau Anda, tipe mana yang paling sering ditemui? Bagaimana cara Anda menghadapinya? Yuk sharing, because sharing is caring, Smart Leaders.

 

Sumber: blog.karir.com

~ Artikel ini sudah dibaca 11 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!