fbpx
November 27, 2017

Ingin Sukses Menapaki Jenjang Karier? Lakukan Cara Ini!

 

Smart Leaders, jika Anda adalah seorang karyawan, maka salah satu hal yang Anda inginkan adalah menapaki jenjang karier ke yang lebih tinggi. Anda tidak bisa hanya duduk diam dan menunggu hal baik terjadi pada diri Anda.

Menurut Brian Hill di Enterpreneur.com, langkah-langkah ini akan membuat Anda sukses menapaki jenjang karier.

  1. Rencanakan. Seperti halnya perusahaan yang memiliki rencana bisnis, begitu juga Anda. Buatlah gambaran diri Anda tiga atau lima tahun mendatang. Tanggung jawab apa yang akan Anda miliki saat itu? Apakah ada penambahan kemampuan, pendidikan dan sertifikat yang diperlukan untuk posisi tersebut? Jika Anda menyusun rencana dengan baik, Anda akan tahu posisi Anda saat ini dibandingkan dengan tempat yang ingin Anda capai. Jika masih belum jelas tentang struktur karier Anda di masa depan, konsultasi karier akan membantu.
  2. Tingkatkan kemampuan kepemimpinan Tidak semua orang memiliki bakat sebagai pemimpin. Bagaimana pun, kebanyakan orang memiliki kemampuan yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Mengetahui cara berbagi kemampuan tersebut meningkatkan nilai Anda pada perusahaan.

Kepemimpinan dibentuk melalui pengembangan kompetensi inti kepemimpinan seperti perencanaan strategis, berpikir kritis, penyelesaian masalah, dan membangun tim. Mengembangkan kompetensi tersebut akan meningkatkan nilai Anda.

  1. Media sosial itu penting. Sediakan waktu untuk menciptakan data di media sosial yang akan menunjukkan kekuatan dan pengalaman Anda. Atasan Anda akan melihat profil media sosial saat mempertimbangkan promosi atau posisi baru.

Pertimbangkan postingan Anda di media sosial, komentar Anda di grup, karena hal tersebut terlihat umum. Akan tetapi, bagikan ilmu dan pengalaman Anda sehingga membangun reputasi Anda sebagai ahli. Anda juga bisa menggunakan blog/web pribadi tempat Anda bisa membagikan pengetahuan dan pemikiran Anda.

  1. Jadilah terlihat. Buatlah catatan yang menyebutkan tanggung jawab utama, proyek yang sukses, dan prestasi. Berfokuslah pada dampak positif proyek tersebut seperti meningkatkan produktivitas atau mengurangi pengeluaran. Jurnal ini berguna ketika Anda akan memperbarui CV.
  2. Bangun jaringan. Membangun jaringan yang kuat itu penting. Jaringan meningkatkan kemungkinan Anda terlihat, dan promosi. Bangunlah jaringan di dalam dan di luar perusahaan Anda. Jalin relasi dengan orang di luar departemen Anda, dan luar perusahaan Anda. Hal ini akan meluaskan wawasan Anda dan membuat Anda mendapatkan berita terbaru tentang industri Anda.

Kembangkan diri Anda dengan membaca buku-buku pengembangan diri seperti Self Improvement 101 karya John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 15 kali

Share yuk!

One thought on “Ingin Sukses Menapaki Jenjang Karier? Lakukan Cara Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!