fbpx
December 16, 2015

Inilah Alasan Mengapa Anda harus Fokus pada Tim, Bukan Impiannya

Impian kerap menjadi semangat seseorang untuk bekerja keras. Namun sebuah kesalahan yang sering kita lihat berulang kali dilakukan oleh banyak orang atau pemimpin adalah memfokuskan terlalu banyak perhatian pada impian mereka dan tidak memedulikan tim mereka. Pasalnya jika tidak diarahkan dengan baik, impian juga lah yang mampu menghancurkan sebuah tim, dikarenakan anggota tim juga berfokus terhadap impian individu mereka — bukan impian besar tim.

Bagaimana cara mengatasinya?

Sesungguhnya, jika Anda membangun tim yang tepat, impian itu akan terwujud dengan sendirinya. Jadi jika Anda mempunyai sebuah impian besar dan membutuhkan tim, inilah titik yang harus Anda benahi di awal pembentukan tim.

Setiap impian memiliki tantangannya sendiri. Jelaskan hal ini kepada tim Anda. Berikan juga motivasi yang mengarahkan mereka pada semangat untuk terus menciptakan pengalaman bersama, terutama dalam mewujudkan impian besar — impian Anda juga impian anggota tim Anda, salah satunya melalui kalimat ini:

“Tim adalah hal yang luar biasa. Tidak ada pekerjaan yang terlalu berat, tidak ada pencapaian yang terlalu hebat, dan tidak ada impian yang tidak terjangkau bagi sebuah tim.” – John C. Maxwell, dalam buku Teamwork Makes The dream Work.

Catatan penting untuk seorang pemimpin, adalah memastikan dirinya untuk memberi nilai tambah pada anggota timnya — terutama menyangkut kualitas masing-masing anggota tim yang nantinya sangat berguna untuk penyokong utama┬átim Anda.

Ketika Anda ataupun tim tidak memiliki impian yang sejalan, hanya ada dua pilihan: melupakan impian itu atau mengembangkan tim Anda untuk mewujudkan impian bersama-sama. Temukan banyak inspirasi seputar membangun kerja sama tim dalam buku The 17 Indisputable Laws Of Teamwork, karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 8 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!