fbpx
July 6, 2015

Integritas adalah Prestasi yang Sulit Diraih

Integritas bukanlah hal yang dihadiahkan begitu saja kepada semua orang, melainkan hasil dari kedisiplinan diri, rasa percaya diri, dan sebuah keputusan untuk sungguh-sungguh jujur dalam segala situasi. Sayangnya, saat ini kekuatan karakter menjadi sesuatu yang langka. Sebagai hasilnya, kita tidak memiliki banyak tokoh yang berintegritas. Budaya kita tidak banyak menciptakan pahlawan-pahlawan yang kuat bertahan, juga menjadi panutan kebaikan. Kita menjadi bangsa penjiplak, tapi tidak menghasilkan banyak pemimpin yang layak ditiru.

Makna integritas sudah terkikis. Katakan percakapan itu di Hollywood, Wall Street, atau bahkan Main Street, dan sebagai balasannya Anda akan mendapatkan tatapan kosong. Bagi sebagian besar orang, istilah itu memunculkan kesan konservatif atau pikiran yang sempit. Pada masa ketika makna istilah-istilah telah dimanipulasi, nilai-nilai mendasar seperti integritas bisa hancur dalam semalam.

Integritas bertentangan dengan semangat yang didengung-dengungkan di masa kita. Filosofi hidup yang bias dan menuntun cara hidup kita berkutat pada mentalitas yang konsumtif dan materialistis. Kebutuhan besar akan momen itu membuat kita tidak lagi mementingkan nilai-nilai yang bersifat kekal.

Integritas adalah perekat yang menyatukan seluruh cara hidup kita. Kita harus terus berjuang untuk menjaga integritas kita tetap utuh. Ketika kekayaan hilang, sebenarnya tidak ada yang hilang. Ketika kesehatan hilang, sebagian memang hilang. Ketika karakter menghilang, hilanglah semuanya.

 

Temukan inspirasi lainnya untuk mengembangkan potensi kepemimpinan Anda dalam buku Developing The Leader Within You karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 72 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!