fbpx
December 15, 2015

Integritas: Sahabat Terbaik yang Sebaiknya Anda Miliki

in·teg·ri·tas n mutu, sifat, atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yg memancarkan kewibawaan; kejujuran;

Jika diibarakan, integritas adalah sosok sahabat yang sebaiknya Anda miliki. Integritas tidak akan pernah mengkhianati atau menempatkan Anda dalam posisi yang mencurigakan. Integritas membuat Anda memprioritaskan hal yang benar. Ketika diuji coba untuk mengambil jalan pintas, integritas membantu Anda untuk terus berjalan dan melakukan hal yang benar dengan cara tidak balik menyerang. Ketika kritikan dari orang lain itu benar, integritas membantu Anda menerima ucapan mereka, belajar darinya, dan terus bertumbuh.

Abraham Lincoln mengatakan, “Ketika masa jabatan berakhir, saya ingin seorang teman tetap menyertai saya. Teman saya ini ada dalam diri saya sendiri.” Anda bisa saja mengatakan bahwa integritas Lincoln adalah sahabatnya ketika bekerja. Ia bahkan pernah dikritik sangat kejam. Melalui itu semua, Lincoln adalah orang yang memiliki prinsip. Seperti ucapan bijak Thomas Jefferson, “Tuhan berketetapan bahwa orang yang memiliki prinsip akan menjadi orang terpenting kami.”

Bukan hanya untuk Anda sendiri, integritas pun sebaiknya dimiliki oleh teman-teman Anda. Ketika orang-orang di sekitar Anda mengetahui bahwa Anda adalah orang yang penuh integritas–mereka tahu bahwa Anda ingin memengaruhi mereka karena Anda memiliki kesempatan untuk memberi nilai tambah dalam hidup mereka–maka mereka tidak akan pernah mengkhawatirkan tujuan di balik motivasi Anda.

Anda tidak akan benar-benar mengenal seseorang sebelum mengamati mereka ketika berinteraksi dengan orang lain. Seperti berinteraksi dengan seorang anak, ketika menghadapi ban mobil yang bocor, ketika bekerja saat atasan tidak ada di tempat, atau bingung dan cemas ketika melakukan kesalahan dan berpikir tidak ada seorang pun yang akan tahu. Namun, orang yang memiliki integritas tidak akan pernah mengkhawatirkan hal itu. Tidak peduli di mana pun mereka, dengan siapa mereka berada, atau jenis situasi seperti apa pun, mereka tetap konsisten dan menjalankan prinsip-prinsip mereka.

Jika ingin sukses, pilihlah jalan untuk menjadi orang yang memiliki integritas, dan bersahabat baik dengannya, karena sebenarnya semua jalan pada akhirnya menuju kehancuran. Agar menjadi orang yang berintegritas, Anda harus kembali pada hal-hal yang mendasar. Di masa mendatang, mungkin Anda harus mengambil keputusan-keputusan sulit terkait konsekuensi memang teguh integritas. Namun, percayalah, hasilnya sesuai dengan pertimbangan sekaligus pengorbanan yang Anda ambil.

“Jika reputasi yang baik sama seperti emas, maka memiliki integritas sama artinya dengan memiliki tambangnya.”

Tips seputar integritas ini dikutip dari buku Relationship 101, karya John C. Maxwell. Temukan juga cara terbaik menjalin dan membina hubungan dari pakar kepemimpinan kelas dunia dalam buku ini.

~ Artikel ini sudah dibaca 14 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!