fbpx
April 17, 2017

Jadi Karyawan “Telatan” Karena Gagal Bangun Pagi? Eitss Tenang, Berikut Ini Hal-Hal yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur

Smart Leaders,

Pada zaman dulu bahkan hingga saat ini, ketika kesibukan kerja dan keluar rumah untuk sekedar hangout hingga tengah malam menjadi suatu kebiasaan, maka bisa dipastikan waktu tidur Anda semakin berkurang. Akibatnya Anda bangun kesiangan dan terlambat berangkat ke kantor. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat memperbaiki kualitas tidur dengan menghindari hal-hal yang pemicunya.

So Smart Leaders, berikut ini 5 hal yang harus Anda hindari sebelum tidur agar tidur Anda nyenyak dan bangun tepat waktu dipagi hari.

  1. Menonton TV sebelum tidur

Smart Leaders, menurut survey sejak tahun 2000-an, saat ini kebanyak Anda melengkapi kamar tidur dengan televisi. Hal ini tentu membuat Anda memanjakan diri dengan menonton acara favorit hingga larut malam. Sayangnya kebiasaan ini akan membuat Anda sulit tidur. Seperti yang diungkapkan ahli tidur, W. Christopher bahwa cahaya terang dari layar TV dapat merusak otak sehingga dapat mempengaruhi hormon melatonin yang diperlukan untuk kualitas tidur.

  1. Membuka aplikasi jejaring sosial, baik aplikasi foto maupun chatting

Pada saat ini sangat mudah membuka gadget dalam keadaan apapun. Bahkan gadget masuk dalam salah satu barang yang saat ini tidak bisa lepas dari genggaman setiap orang termasuk anak-anak. Setiap saat Anda dapat memeriksa email, facebook, instagram, atau browsing. Namun, serupa dengan TV, gadget juga dapat merangsang otak sehingga sulit tidur.

  1. Makan makanan pedas, manis, dan berlemak 1 jam sebelum tidur

Smart Leaders, makanan berlemak dan manis dapat membuat Anda terjaga lebih lama setelah mengonsumsinya. Sementara makanan pedas dapat memicu perut Anda merespon asam. Hal ini juga tidak baik untuk lambung yang membuat kerongkongan Anda terasa asam. Hal ini akan menyulitkan Anda tidur karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Lebih baik sebelum tidur, minumlah air putih hangat satu gelas atau susu coklat atau putih satu gelas untuk merangsang rasa kantuk Anda.

  1. Mengonsumsi kafein, seperti Kopi

Hal ini tentu sudah banyak Smart Leaders ketahui. Makanan dan minuman yang mengandung kafein akan membuat Anda sulit tidur. Kandungan kafein dapat membuat Anda terjaga selama 12 jam setelah mengonsumsinya. Contoh kafein salah satunya adalah kopi, jadi bagi Anda yang ingin segera tidur pulas, lebih baik sebelumnya jangan meminum kopi ya.

  1. Tidak memiliki ritual rutin sebelum tidur

Sebelum tidur otak memerlukan stimulasi untuk membuatnya Anda tertidur pulas. Ketika Anda tidak melakukan rutinitas apapun Anda akan sulit tertidur dengan sendirinya. Anda bahkan berdiam untuk waktu yang lama di tempat tidur sebelum akhirnya terlelap. Isi rutinitas sebelum tidur dengan membaca buku, mendengarkan music jazz pengantar tidur, perawatan wajah, atau membuat catatan pencapaian Anda di hari ini.

Hal-hal diatas mudah kok untuk dihindari jika Smart Leaders benar-benar ingin istirahat dengan tenang dan pulas sehingga besoknya bisa bangun pagi dengan fresh dan tidak terlambat datang ke kantor. Jangan lupa untuk diaplikasikan ya Smart Leaders, mungkin setekah ini predikat karyawan telatan bisa menjadi karyawan teladan. Ciayooooo

sumber: liputan6.com

~ Artikel ini sudah dibaca 5 kali

Share yuk!

One thought on “Jadi Karyawan “Telatan” Karena Gagal Bangun Pagi? Eitss Tenang, Berikut Ini Hal-Hal yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!