fbpx
April 4, 2018

Jaga Kesehatan Jantung Anda dengan 7 Cara Ini

Smart Leaders, kesehatan jantung adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan. Jantung memiliki peran vital bagi tubuh Anda sehingga kesehatan jantung harus menjadi prioritas utama Anda.

Dilansir dari Success.com, ada tujuh tips untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Tujuh hal ini jika dijadikan kebiasaan akan mengurangi risiko terkena serangan jantung dan memperpanjang usia Anda.

  1. Konsumsi makanan yang kaya omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Salah satu manfaat terbesarnya adalah untuk kesehatan jangka panjang jantung Anda. Anda bisa mendapatkan asupan omega-3 dari makanan seperti ikan laut, brokoli, kacang tanah, bayam, minyak kenari, dan minyak ikan.

  1. Dukung pasangan Anda

Penelitian menunjukkan bahwa pernikahan yang bahagia memiliki manfaat yang baik untuk jantung Anda. Seseorang yang memiliki pasangan yang mendukungnya, berisiko lebih rendah terkena serangan jantung daripada yang tidak. Dukungan yang kuat selalu lebih menyehatkan Anda.

  1. Latih otot Anda

Melatih otot terbesar Anda seperti otot kaki, punggung, dan perut akan menyehatkan jantung Anda. Anda dianjurkan berjalan kaki sepuluh ribu langkah sehari, dan melakukan latihan penguatan otot dua kali seminggu.

  1. Perhatikan lingkar pinggang Anda

Anda harus memperhatikan berat badan Anda. Berat badan berlebih memiliki dampak buruk terhadap jantung Anda. Anda harus menjaga Body Mass Index (perbandingan tinggi dan berat badan) berada di bawah angka 30.

  1. Jaga tekanan darah Anda

Tekanan darah memiliki efek besar terhadap kesehatan jantung. Anda harus mengubah pola hidup Anda sehingga tekanan darah Anda berada di angka 90—120/60—80 mmHg.

  1. Awasi kadar kolesterol jahat dalam darah Anda

Kolesterol jahat atau LDL (Low-density Lipoprotein) merupakan penyebab utama terjadinya penyumbatan pembuluh darah jantung. Penyumbatan pembuluh darah jantung ini menyebabkan terjadinya serangan jantung yang berakibat fatal. Anda harus menjaga kadar LDL dalam darah Anda di bawah angka 70.

  1. Mandi matahari

Sinar matahari pagi, dikenal memiliki dampak baik karena membuat tubuh memproduksi vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, sinar matahari pagi bisa mengurangi nyeri akibat arthritis, menormalkan tekanan darah, dan melancarkan aliran darah.

Smart Leaders, menjaga kesehatan jantung berarti menjaga produktivitas Anda. Jagalah kesehatan Anda, terutama jantung sehingga Anda maksimal dalam mencapai kesuksesan.

~ Artikel ini sudah dibaca 14 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!