fbpx
March 7, 2018

Jangan Ragu Tolak 5 Kesempatan Ini

Smart Leaders, kita hampir selalu berkata “iya” pada tiap kesempatan yang ditawarkan kepada kita. Namun, tidak semua kesempatan bernilai sama. Ada kesempatan yang perlu Anda terima, bahkan ketika Anda harus mendorong diri hingga mencapai batas. Akan tetapi, ada kesempatan yang menolaknya adalah pilihan bijak yang perlu Anda ambil.

Orang-orang sukses bukanlah orang yang selalu mengambil semua kesempatan yang tampak, melainkan yang bisa berkata tidak pada kesempatan yang tidak menguntungkan. FastCompany.com menuliskan ada lima kesempatan yang perlu Anda tolak tanpa berpikir dua kali.

  1. Ketika Anda tahu tidak akan bisa menyelesaikannya

Menerima tantangan yang berada menakutkan Anda adalah hal yang bagus, karena akan menunjukkan Anda bisa menyelesaikan hal-hal yang ada di luar kemampuan Anda. Namun, ada perbedaan antara mengambil kesempatan yang menantang Anda bertumbuh dan menjanjikan sesuatu yang tidak akan bisa Anda penuhi. Tolaklah kesempatan yang tidak memiliki kesempatan sukses sama sekali.

  1. Ketika beban jangka panjang melebihi keuntungan jangka pendeknya

Kadang kesempatan datang menawarkan keuntungan jangka pendek—pekerjaan dengan jabatan lebih baik, investor yang menawarkan modal dengan imbalan 50% kepemilikan, atau lainnya. Namun, kesempatan tersebut pasti memiliki harga yang harus dibayar. Pastikan kesempatan  yang akan Anda ambil tidak membebani Anda jangka panjang lebih daripada keuntungan jangka pendek yang diberikannya.

  1. Ketika Anda telah mengerjakan terlalu banyak hal

Karyawan yang memiliki kinerja tinggi terkadang terjebak dalam dilema—semakin baik performa mereka, maka semakin banyak pekerjaan yang dibebankan atasan mereka. Memang sulit untuk menolak pekerjaan, tapi jika itu mengganggu kualitas kerja lain maka itu saatnya Anda menolak.

  1. Ketika kesempatan itu tidak membuat Anda gembira

Dalam karier Anda ada masanya Anda harus melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak membuat Anda bersemangat. Anda harus bisa menolak kesempatan yang akhirnya tidak menambah produktivitas Anda, bahkan menurunkannya.

  1. Ketika Anda dimanfaatkan

Menjadi karyawan yang bisa diandalkan itu baik—sampai akhirnya Anda menjadi seseorang yang melakukan segalanya dibandingkan kolega Anda yang terlihat tidak bekerja sekeras Anda. Kadang ada karyawan yang dimanfaatkan tanpa memperoleh penghargaan yang layak. Jika ini terjadi pada Anda, maka inilah waktunya Anda menolak sehingga tidak kelelahan.

Smart Leaders, menolak kesempatan bisa jadi hal yang sulit dilakukan, apalagi jika Anda merasa takut mengecewakan orang yang menawarkan kesempatan tersebut. Namun, akan lebih banyak orang yang kecewa jika Anda mengambil kesempatan yang tidak perlu Anda ambil.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 15 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!