fbpx
February 22, 2018

Jangan Takut Mengkritik, Lakukan dengan Baik

Smart Leaders, hampir semua orang tidak suka menerima  kritik. Akan tetapi, umpan balik yang jujur merupakan salah satu hal bernilai yang membantu dalam pengembangan diri.

Menerima kritikan tidak pernah menyenangkan. Rasa tidak menyenangkan ini timbul sebagai bentuk pertahanan diri kita, menurut para ahli saraf. Namun, walau kritik itu menyakitkan, rekan kerja atau kita sendiri tidak harus menghindari memberikan kritik.

Penelitian yang dilakukan olen University of Michigan menunjukkan kritik membangun yang diberikan dalam jumlah yang tepat merupakan salah satu faktor terbesar menciptakan tim berkinerja baik. Kritik juga membantu menjaga hubungan tetap berjalan dengan baik.

Kritik yang disampaikan dengan baik akan membantu tim meningkatkan performa dan membantu orang lain memperbaiki tingkah lakunya. Success.com menuliskan beberapa tips untuk memberikan kritik dengan baik.

  1. Pikirkan motif Anda memberikan kritik

Apakah Anda mengkritik seseorang hanya karena suasana hati tidak baik, atau sekadar tidak suka pada seseorang? Berhentilah, ambil napas panjang lalu tinggalkan. Kritik berdasarkan kemarahan dan kejijikan akan merusak hubungan Anda.

Berikan kritik karena Anda ingin mengembangkan orang yang Anda kritik tersebut.

  1. Jangan pernah menyerang pribadinya

Jangan pernah menyerang pribadi seseorang, namun kritiklah tindakannya. Pisahkan antara tindakan dan pribadi, fokuslah pada tingkah laku. Hal ini akan membuat orang lain menerima kritik dengan baik.

  1. Kritik satu per satu

Penelitian yang dilakukan oleh Stanford University menunjukkan bahwa seseorang hanya bisa menerima kritikan satu kali dalam satu waktu. Pilihlah topik paling penting untuk disampaikan, sampaikan kritik lain di waktu yang berbeda.

Smart Leaders, jangan takut memberi dan menerima kritikan. Berikan dan terima kritik dengan baik, maka Anda akan bertumbuh menjadi lebih baik.

~ Artikel ini sudah dibaca 32 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!