fbpx
June 23, 2017

Jangan Tinggalkan Rumah Anda Sebelum Memeriksa 5 Hal Ini

Mudik adalah salah satu tradisi unik masyarakat Indonesia menyambut Idul Fitri (gambagambar.co)
Mudik adalah salah satu tradisi unik masyarakat Indonesia menyambut Idul Fitri (gambagambar.co)

Smart Leaders, libur lebaran sudah nampak di depan mata. Mungkin ada di antara Anda yang akan mudik ke kampung halaman.

Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah salah satu tradisi unik orang Indonesia menyambut lebaran. Para perantau pulang ke kampung halaman, bersilaturrahim dengan sanak keluarga sambil berlibur melepaskan stress .

Untuk Anda yang akan mudik dan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, 5 hal ini harus Anda periksa sebelum berangkat ke kampung halaman.

1. Listrik

Pastikan semua alat-alat listrik tidak dalam kondisi menyala dan terhubung ke stop kontak. Selain karena membuang-buang daya secara percuma, banyak kasus kebakaran terjadi karena terjadi aliran arus pendek (short circuit) dalam rangkaian.

Untuk menjaga keamanan rumah, pasang lampu otomatis yang akan menyala ketika gelap dan padam ketika hari sudah terang. Hal ini akan menjaga rumah Anda dari sasaran pencurian.

2. Kompor/Gas

Sebelum Anda meninggalkan rumah, pastikan kompor tidak lagi menyala. Jika memakai kompor gas, cabutlah selang kompor dari tabung gas.

Memastikan keamanan kompor dan gas akan mengurangi secara drastis kemungkinan terjadinya kebakaran. Anda tentu tak ingin ketika kembali dari mudik mendapati rumah telah hangus terbakar kan?

3. Air

Pastikan semua kran air tertutup rapat sebelum Anda meninggalkan rumah. Walau hanya berupa tetesan, air yang terus mengalir akan terbuang sia-sia dan mengurangi resiko kebocoran.

4. Pintu/Jendela

Kunci semua pintu dan jendela dengan rapat. Jika perlu, gunakan pengaman tambahan pada ruangan yang menyimpan barang berharga seperti kamar.

Jangan lupa mengunci pagar rumah Anda. Pasang gembok yang tidak mencolok. Gembok yang terlihat dari luar akan menjadi penanda rumah Anda dalam keadaan kosong sehingga menjadi incaran pencuri.

5. Barang Berharga

Simpan barang-barang berharga Anda pada tempat yang aman. Jika diperlukan, Anda bisa memanfaatkan layanan penyimpanan barang yang disediakan oleh bank atau pegadaian. Hal ini menjadi tindakan yang mengurangi kerugian jika rumah Anda mengalami kebakaran atau dimasuki pencuri.

Jangan lupa sebelum Anda berangkat mudik, pamitlah dan titipkan rumah Anda kepada tetangga, RT/RW setempat sehingga mereka sesekali melihat rumah Anda. Tinggalkan nomor kontak yang bisa dihubungi selama Anda mudik.

Selamat mudik dan menikmati liburan Smart Leaders.

~ Artikel ini sudah dibaca 10 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!