fbpx
May 24, 2018

Karakteristik Sebuah Hubungan yang Kuat

Smart Leaders, semakin kuat hubungan itu, semakin menyatu pula timnya. Segala hal yang Anda lakukan bergantung pada kerja sama. Apa pun posisi Anda, Anda akan membangun hubungan dengan orang lain. Peluang terbaik Anda untuk memimpin juga tergantung pada hubungan Anda dengan mereka yang ada di tim Anda.

John C. Maxwell menuliskan lima karakteristik dalam hubungan Anda dengan orang lain

  1. Respek

Dalam sebuah hubungan, segalanya diawali dengan respek: keinginan untuk menghargai orang lain. Hal penting mengenai respek adalah bahwa Anda harus menunjukkannya pada orang lain, bahkan sebelum mereka melakukan apa pun untuk membenarkannya, hanya karena mereka adalah manusia. Namun pada saat yang sama, Anda harus selalu berharap agar memperoleh respek dari orang lain. Anda bisa memperoleh respek lebih cepat dalam keadaan sulit.

  1. Pengalaman bersama

Respek bisa memberikan dasar untuk hubungan yang baik, namun respek saja tidak cukup. Anda tidak bisa membangun hubungan dengan seseorang yang tidak Anda kenal. Dibutuhkan pengalaman bersama terus-menerus dan itu tidak selalu mudah diperoleh.

  1. Rasa percaya

Ketika menghargai orang lain dan meluangkan cukup banyak waktu bersama mereka untuk mengembangkan pengalaman bersama, Anda mengembangkan rasa percaya. Rasa percaya dibutuhkan dalam semua hubungan baik. Tanpa rasa percaya, Anda tidak bisa mempertahankan hubungan apa pun.

  1. Timbal balik

Hubungan pribadi yang hanya menitikberatkan salah satu pihak tidak akan bertahan lama. Jika satu orang selalu memberi dan yang lain selalu menerima, hubungan itu pun pada akhirnya akan berakhir. Hal ini juga berlaku untuk semua jenis hubungan, termasuk dalam sebuah tim. Untuk mengembangkan diri dalam bidang hubungan dengan orang lain, orang-orang harus selalu saling memberi dan menerima sehingga dengan demikian semua orang pun memperoleh keuntungan. Berikan perhatian penuh Anda pada orang lain. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda memperhatikan mereka.

  1. Kegembiraan bersama

Ketika sebuah hubungan mulai tumbuh dan bertambah kuat, orang yang terlibat mulai menikmati hubungan itu. Kebersamaan bisa mengubah tugas yang tidak menyenangkan menjadi pengalaman positif.

Smart Leaders, menjadi orang yang sangat berhubungan dengan orang lain akan menghasilkan kesuksesan pribadi dan tim.

Temukan cara untuk berhasil dalam hubungan dengan orang lain dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Relationship 101 dari John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 13 kali

Share yuk!

One thought on “Karakteristik Sebuah Hubungan yang Kuat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!