fbpx
March 23, 2017

Karena Selayaknya Kita Harus Mengubah Apa yang Harus Diubah, Bukan Apa yang Mudah

Beberapa tahun yang lalu, British Rail mengalami penurunan tajam dalam bisnisnya. Mereka mencari agen periklanan baru untuk mendapatkan ide pemasaran, agen yang bisa menciptakan iklan yang akan membawa pelanggan mereka kembali

Saat pejabat eksekutif British Rail mendatangi sebuah agen periklanan ternama di London untuk mendiskusikan keinginan mereka, mereka disambut resepsionis yang tidak ramah, yang memaksa mereka untuk menunggu.

Akhirnya seorang yang berpenampilan tidak rapi mengantarkan mereka ke ruang pertemuan-sebuah ruangan yang kotor dan berantakan, penuh piring-piring sisa makanan. sekali lagi, para eksekutif itu ditinggalkan untuk menunggu. Beberapa orang pekerja agen periklanan tersebut keluar masuk ruangan, mengabaikan para eksekutif yang telah menunggu dengan tidak sabar. Ketika beberapa orang mencoba bertanya apa yang sedang terjadi, karyawan periklanan tersebut menepis mereka dan kembali bekerja.

akhirnya kesabaran mereka hilang. Saat mereka bangkit dengan marah, muak dengan cara mereka diperlakukan, salah seorang pekerja agensi tersebut muncul.

“Tuan,” ia berkata, “perlakuan yang Anda terima bukanlah bagaimana kami memperlakukan klien kami di sini. Faktanya, kami sengaja merancang pertemuan kita seperti ini. Sikap kami tadi menunjukkan kepada Anda, bahwa seperti inilah rasanya menjadi pelanggan British Rail.¬†Masalah sebenarnya bukanlah di iklan Anda, tapi orang-orang Anda. Saran kami, biarkan kami memperbaiki masalah sikap karyawan Anda.”

Pejabat ekseutif British Rail yang mendengar hal tersebut sangatlah terkejut, tapi agensi tersebut menunjukkan poinnya. Agensi tersebut punya keyakinan kuat untuk menunjukkan masalahnya karena mereka tahu pasti apa yang harus diubah.

“Jika Anda tidak menyukai perubahan, Anda juga semakin tidak menyukai ketidakrelevanan.” – Tom Feltenstein

 

Sumber: Buku Change Is Good, Mac Anderson dan Tom Feltendtein.

~ Artikel ini sudah dibaca 5 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!