fbpx
February 23, 2018

Keluar dari Zona Nyaman Membentuk Kecerdasan Emosional Anda

Smart Leaders, umumnya kita ingin terus berada di zona yang telah biasa kita huni. Namun, semakin lama Anda berada di dalam zona nyaman, maka akan semakin sulit keluar dari sana. Terlalu lama berada di dalam zona nyaman akan mematikan pertumbuhan Anda.

Anda bisa belajar banyak hal saat keluar dari zona nyaman Anda, salah satunya membentuk kecerdasan emosional Anda. FastCompany.com menuliskan manfaat yang Anda dapatkan terhadap kecerdasan emosional Anda ketika keluar dari zona nyaman.

  1. Mengubah cara berpikir Anda tentang kemungkinan

Seseorang yang tidak pernah mengambil risiko tidak akan pernah tahu kemungkinan-kemungkinan yang bisa didapatkannya. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional bisa membayangkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi. Hal ini terjadi karena mereka keluar dari zona nyaman dan mengambil risiko.

  1. Mengembangkan kekuatan diri

Menjalankan hal baru, walau membuat Anda tidak nyaman, merupakan satu cara untuk menguji dan meningkatkan kekuatan diri. Sama seperti berolahraga yang melelahkan dan membuat Anda ingin menyerah, namun berefek menguatkan kekuatan tubuh.

Keluar dari zona nyaman akan membuat Anda lebih kuat dan tangguh menghadapi tantangan, kegagalan, dan kemunduran.

  1. Membangun kepercayaan diri

Kepercayaan diri bukan bakat dari lahir, melainkan harus Anda tumbuhkan di dalam diri. Kepercayaan diri dikembangkan dengan menentukan tujuan, mencapainya, lalu menetapkan tujuan yang lain. Ketika Anda berhasil mencapai suatu hal setelah melewati berbagai hambatan dan ketidaknyamanan, Anda akan menumbuhkan kepercayaan diri.

  1. Menyesuaikan diri dengan perubahan

Semakin lama Anda berada di zona nyaman, maka perubahan akan semakin menakutkan bagi Anda. Keluar dari zona nyaman berarti harus siap menghadapi perubahan. Ketika perubahan terjadi, maka Anda pasti akan mencoba menyesuaikan diri.

Seorang dengan kecerdasan emosional tidak takut menghadapi perubahan. Ia mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

  1. Mendorong Anda menyelesaikan masalah secara kreatif

Ketika Anda keluar dari zona nyaman, maka Anda akan menghadapi berbagai masalah yang tidak biasa dihadapi. Keluar dari zona nyaman akan membuat Anda bisa melihat masalah dengan cara yang berbeda, dan menyelesaikannya dengan pendekatan berbeda.

Smart Leaders, jangan takut keluar dari zona nyaman. Anda akan kehilangan kesempatan bertumbuh dengan tetap berada pada zona nyaman Anda.

~ Artikel ini sudah dibaca 26 kali

Share yuk!

2 thoughts on “Keluar dari Zona Nyaman Membentuk Kecerdasan Emosional Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!