fbpx
April 27, 2018

Kembangkan 3 Kemampuan Kepemimpinan Ini Mulai Sekarang

Smart Leaders, mengembangkan keterampilan di awal karier merupakan satu hal yang sangat penting Anda lakukan. Keterampilan teknis akan membantu Anda menjejaki promosi pertama dalam karier Anda.

Seiring perkembangan karier Anda, keterampilan teknis menjadi tidak terlalu penting, namun Anda harus tetap mengembangkan kemampuan dasar tersebut. Semakin tinggi posisi Anda, maka kemampuan terpenting yang harus Anda kembangkan adalah kepemimpinan dan manajemen.

Dilansir dari FastCompany.com, beberapa soft skill ini dibutuhkan oleh pemimpin, namun profesional muda perlu mengembangkannya mulai dari sekarang.

  1. Belajar mengistirahatkan pikiran Anda

Semakin tinggi jabatan Anda, maka semakin tinggi pula tingkat stres yang Anda alami. Maka, kemampuan mengistirahatkan pikiran Anda penting untuk mencegah kelelahan dan meningkatkan ketahanan dalam mencapai kesuksesan jangka panjang.

Mulailah dengan tidak memeriksa dan membalas email dalam jangka waktu tertentu selepas jam kantor. Lepaskan pikiran Anda dari pekerjaan, manfaatkan waktu tersebut untuk berinteraksi dengan keluarga, teman, dan orang yang Anda sayangi.

  1. Kembangkan perspektif Anda

Ketika Anda masih baru di tempat kerja, krisis pertama Anda mungkin terasa sangat pelik. Bagaimana pun cara Anda menghadapinya, mengevaluasi respons Anda sangat layak dilakukan setelahnya.

Sudut pandang Anda terbentuk bukan karena diajarkan oleh atasan atau mentor pada awal karier kita. Membentuk sudut pandang membutuhkan Anda menyadari batasan diri dan orang-orang yang bekerja dengan Anda.Jiika Anda bisa menjaga perspektif Anda, maka Anda akan memiliki kemampuan tetap tenang di saat krisis, mengamati masalah dengan objektif dan kepala dingin.

  1. Berlatihlah melakukan percakapan sulit

Kemampuan untuk mengatasi masalah yang tidak menyenangkan merupakan kemampuan penting dalam kepemimpinan—yang bisa Anda kembangkan mulai sekarang. Untuk itu, Anda harus mengembangkan empati, kemampuan mendengar dan memahami, serta kejujuran.

Jika Anda mengalami situasi yang memaksa Anda melakukan percakapan sulit—menyampaikan kritik, evaluasi, atau bahkan berita buruk—maka cobalah untuk jujur dan terbuka. Anda bisa memulainya dengan berkata, “Saya berjuang keras memikirkan bagaimana cara melakukan percakapan ini, maka sebaiknya kira saling membantu melewati ini.”

Smart Leaders, kembangkan kemampuan ini dan masukkan ke dalam rencana mengembangkan karier Anda. Kemampuan ini butuh waktu untuk tertanam, maka jangan tunggu sampai Anda membutuhkannya. Kembangkan dari sekarang.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 25 kali

Share yuk!

One thought on “Kembangkan 3 Kemampuan Kepemimpinan Ini Mulai Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!