fbpx
December 28, 2017

Kembangkan Kemampuan Mendengar Anda

Smart Leaders, kemampuan mendengar merupakan salah satu kualitas yang harus dimiliki seorang pemimpin. Kemampuan mendengarkan dengan saksama adalah salah satu kunci menanamkan pengaruh pada orang lain.

Mendengarkan memiliki banyak manfaat. Orang yang bisa mendengarkan menunjukkan rasa hormat dan peduli kepada orang lain. Selain itu mendengarkan akan memperkaya pengetahuan Anda sehingga membangkitkan banyak ide.

John C. Maxwell memberikan tips cara mengembangkan kemampuan mendengarkan.

  1. Tataplah lawan bicara Anda

Seluruh proses mendengarkan dimulai dari mencurahkan perhatian penuh pada lawa bicara Anda. saat berinteraksi dengannya, jangan lakukan pekerjaan lain, menyusun kertas-kertas, mencuci piring, atau menonton televisi. Sisihkan waktu untuk berfokus hanya padanya. Jika saat ini Anda tidak punya waktu, tentukan jadwal lain sesegera mungkin.

  1. Jangan menginterupsi

Kebanyakan orang bereaksi buruk ketika diinterupsi. Itu membuat mereka merasa tidak dihormati. Kalau Anda terbiasa menyela orang lain, ujilah motivasi Anda dan bertekadlah berubah. Berikan lawan bicara Anda waktu yang cukup mengekspresikan diri.

  1. Berfokuslah memahami

Kita cepat melupakan apa yang kita dengar. Seiring berjalannya waktu, daya ingat kita terus menurun. Salah satu cara memerangi kebiasaan ini adalah dengan menetapkan tujuan untuk memahami perkataan orang lain, tidak hanya mengingat fakta. Belajarlah menempatkan diri dalam posisi orang lain, maka kemampuan Anda memahami akan meningkat. Semakin besar kemampuan Anda memahami, Anda akan menjadi pendengar yang lebih baik.

  1. Temukan kebutuhan saat itu

Ketajaman dalam menilai kebutuhan orang lain saat itu adalah bagian dari menjadi pendengar yang efektif. Setiap kali Anda mengenali kebutuhan lawan bicara, Anda dapat menempatkan perkataan mereka dalam konteks yang tepat. Anda pun akan lebih mampu memahami mereka.

  1. Ujilah emosi Anda

Kebanyakan orang terus membawa emosi yang menyebabkan mereka bereaksi terhadap orang ata situasi tertentu. Setiap kali Anda menjadi sangat emosional saat mendengarkan orang lain, ujilah emosi Anda—terutama jika reaksi Anda terlihat berlebihan. Jangan sampai lawan bicara Anda menjadi sasaran pelampiasan emosi Anda.

  1. Tundalah penilaian Anda

Pernahkah Anda mendengarkan orang lain bercerita dan menanggapinya seketika juga? Padahal, jika Anda langsung menyimpulkan tanpa mendengarkan keseluruhan fakta, Anda tidak bisa menjadi pendengar yang baik. Ketika Anda berbicara dengan orang lain, dengarkan keseluruhan cerita sebelum menanggapi, jika tidak, Anda bisa melewatkan hal terpenting yang ingin mereka sampaikan.

  1. Ringkaslah di saat-saat jeda

Para ahli sepakat kita dapat mendengarkan orang lain dengan saat efektif ketika melakukannya secara aktif. Komentari apa pun yang Anda dengar, dan pastikan terdengar sangat personal. Misalkan, Anda dapat mengatakan, “Itu pasti sangat penting bagimu.” Hal ini akan membantu Anda tetap berada di jalur pendengar.

Teknik mendengarkan secara aktif adalah dengan menyimpulkan apa yang disampaikan lawan bicara Anda dalam jeda tertentu. Saat pembicara selesai membahas satu subjek, tafsirkan maksud ata ide utamanya sebelum melanjutkan ke topik berikut.

  1. Bertanyalah untuk memperjelas

Reporter terbaik adalah pendengar yang sangat baik. Ia menatap lawan bicaranya, berfokus memahami, menunda penilaian, dan merangkum apa yang dikatakan orang lain. Orang lain percaya kepadanya dan tampaknya bersedia menceritakan apa saja. Ia mengajukan pertanyaan bagus yang akan membantunya menghimpun lebih banyak informasi dan semakin memahami orang yang ia wawancarai.

Jika Anda ingin menjadi pendengar yang efektif, jadilah reporter yang baik, dengan sopan menindaklanjuti pertanyaand an mencari kejelasan. Jika Anda menunjukkan kepedulian dan bertanya dengan cara yang tidak menyudutkan, Anda akan terkagum melihat betapa banyak hal yang mereka ceritakan pada Anda.

  1. Jadikan mendengarkan orang lain sebagai prioritas Anda

Hal terakhir yang harus diingat saat mengasah kemampuan mendengarkan adalah menjadikannya prioritas, sesibuk atau setinggi apa pun posisi Anda dalam organisasi.

Banyak orang meremehkan pentingnya kemampuan mendengarkan. Kebanyakan orang mengira mendengarkan itu mudah, dan mereka menganggap dirinya pendengar yang cukup baik. Namun, meski hampir semua orang memang mampu mendengar, hanya segelintir yang benar-benar mampu mendengarkan.

Kemampuan seorang pemimpin mendengarkan akan membuatnya mampu memengaruhi orang lain. Dapatkan cara-cara memengaruhi selengkapnya dengan membaca buku How to Influence People.

~ Artikel ini sudah dibaca 19 kali

Share yuk!

One thought on “Kembangkan Kemampuan Mendengar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!