fbpx
September 11, 2015 Hukum Komunikasi-MIC Publishing

Kesuksesan Tim Ditentukan oleh Komunikasi yang Baik

Komunikasi dalam tim Anda mungkin tidak terlihat seperti apa yang terjadi dalam lapangan rugbi. Namun kesuksesan tim Anda dan kemampuan para anggota tim untuk bekerja sama ditentukan oleh komunikasi yang baik. Saya akan memberikan beberapa panduan yang akan membantu tim Anda berkembang di bidang ini.

Setiap tim harus mempelajari cara untuk mengembangkan komunikasi yang baik dalam empat area berikut ini.

  1. Dari pemimpin pada rekan satu tim.
    Jika Anda memimpin tim Anda, gunakan pegangan berikut ini ketika berkomunikasi dengan orang-orang Anda: Konsistensi, Kejelasan, Kesopanan. Jangan lupa bahwa komunikasi yang baik tidak pernah berlangsung satu arah. Komunikasi juga tidak boleh terjadi dari atas ke bawah seperti diktator. Pemimpin yang baik mendengarkan, mengajak, dan mendorong agar anggotanya terlibat.
  2. Dari anggota tim pada pemimpin
    Pemimpin yang baik tidak pernah menginginkan orang yang selalu setuju. Mereka menginginkan komunikasi yang langsung dan jujur dari orang-orang mereka. Selain kelugasan, kualitas lain yang perlu diperlihatkan oleh para anggota tim ketika berkomunikasi dengan pemimpin mereka adalah sikap hormat.
  3. Antara rekan satu tim
    Dalam sebuah tim yang ingin meraih kesuksesan, semua anggota tim harus berkomunikasi demi kebaikan bersama. Ini berarti menunjukkan kualitas-kualitas seperti bersikap mendukung, hidup di masa kini, berampati. Jika interaksi di dalam tim kuat, tindakan yang diambil oleh tim itu juga akan kuat.
  4. Antara tim dan publik
    Ketika berhadapan dengan orang dari luar kelompok, anggota tim harus mengingat tiga hal: mereka harus bersikap perhatian, tanggap, dan realistis. Jika mereka dengan senang hati menerima komunikasi dari orang lain, selalu tanggap pada waktunya, dan realistis ketika menetapkan target, mereka akan baik-baik saja.

Pada akhirnya, Anda akan mengeja kata “kerja sama” sebagai “k-i-t-a”. Bekerja sama artinya menang bersama. Namun tidak ada tim yang bekerja sama kecuali anggotanya berkomunikasi. Interaksi memperkuat tindakan. Itulah cara kerjanya. Itukah HUKUM KOMUNIKASI.

Ingin tahu hukum penting lainnya dalam membangun dan mengembangkan tim? Baca saja The 17 Indisputable Laws of Teamwork karya John Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 34 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!