October 12, 2017

Kolaborasi, Cara Menghadapi Era VUCA.

 

Dunia bisnis saat ini mengalami tantangan akibat era VUCA. VUCA merupakan singkatan dari Volatility (perubahan yang cepat), Uncertainty (ketidakpastian), Complexity (kompleks), dan Ambiguity (keambiguan). Pada era VUCA ini, banyak perusahaan kolaps dan sekarat karena tidak siap menghadapinya. Salah satu alasannya adalah karena adanya usaha bisnis baru melalui perangkat aplikasi.

Menghadapi era saat ini, yang harus dilakukan adalah kolaborasi, bukan berkompetisi atau melarikan diri dari perubahan. Pemkab Banyuwangi telah melakukan kolaborasi, bekerja sama dengan GoJek Indonesia menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan layanan kesehatan. GoJek menyediakan fasilitas antar obat gratis ke rumah pasien miskin dari dua rumah sakit milik pemerintah.

Dengan sinergi inik GoJek mengantarkan obat ke rumah pasien yang dirawat jalan di rumah sakit daerah. Akan disediakan pos khusus di rumah sakit. Seusai berobat ke dokter, warga hanya perlu ke pos tersebut, lalu diproses petugas.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, berkata, “Teknologi tak bisa dilawan. Sekarang eranya kolaborasi. Kalau jalan sendiri, ujungnya pengadaan armada kendaraan, maka tidak efisien.”

Menurut Derli Fahlevi, ST, MM, penulis Paradigma Awal Kesuksesan, itulah yang harus dilakukan, yaitu menyambut perubahan yang begitu cepat dan massive daripada menolaknya. Kita harus ikut dalam perubahan itu dengan melakukan kolaborasi. Bila perubahan di luar lebih cepat dibandingkan di dalam, maka artinya kita sedang mengalami gangguan.

Jangan takut menghadapi VUCA.

Sumber: linkedIn

~ Artikel ini sudah dibaca 8 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!