fbpx
February 28, 2018

Lakukan 5 Hal Ini untuk Menumbuhkan Performa Juara

Smart Leaders, pernahkah Anda memerhatikan para juara olahraga? Mereka menjadi juara tidak hanya karena keunggulan fisik saja, tapi juga memiliki keunggulan emosional dan mental. Menjadi juara—dalam hampir semua bidang—berarti berbicara tentang pola pikir, kesiapan mental, persiapan, dan hal lainnya.

Untuk menumbuhkan performa juara, maka Anda harus menumbuhkan pola pikir seorang juara dalam diri Anda terlebih dahulu. Seperti dilansir Success.com, melakukan lima hal di bawah akan membentuk pola pikir juara dan menumbuhkan performa juara dalam diri Anda dan tim.

  1. Ciptakan filosofi diri

Jika Anda tidak memiliki gambaran harus menjadi seperti untuk mencapai tujuan atau cita-cita Anda, dan lebih penting, memiliki tujuan yang ingin dicapai, maka Anda menghabiskan waktu sia-sia.

Melatih pikiran untuk memiliki kemampuan mental akan tidak berguna jika Anda tidak memiliki gambaran siapa diri Anda dan akan menjadi seperti apa diri Anda. Gambaran diri dan keinginan menjadi seperti apa merupakan asal munculnya filosofi diri.

Tuliskan filosofi diri Anda yang akan Anda pakai sebagai tuntunan pikiran, perkataan, dan perbuatan Anda.

  1. Keluar dari zona nyaman

Untuk menjadi yang terbaik, Anda harus bekerja di luar zona nyaman. Pekerjaan yang memberikan tantangan, hambatan, dan penuh tekanan akan membentuk diri menjadi lebih tangguh.

Untuk mencapai kesuksesan, Anda harus mendorong diri keluar dari zona nyaman Anda. Bukankah pelaut handal tidak lahir dari laut yang tenang?

  1. Latih diri bersikap optimis

Dalam bisnis, olahraga, dan kehidupan, fokus pada hal positif dalam setiap pengalaman merupakan hal penting. Anda bisa melatih diri untuk terus bersikap optimis dalam hidup.

Pertama, pahami bahwa perubahan adalah hal yang mungkin terjadi. Lalu, perhatikan pikiran Anda. Setiap orang pasti kadang-kadang memiliki pikiran negatif. Pahami, temukan penyebabnya, pelajari, lalu teruslah maju. Cara melatih bersikap optimis berikutnya adalah dengan berfokus pada hal baik dalam hidup.

  1. Pedulikan pemulihan diri

Mencapai performa juara mustahil terjadi jika Anda terus-menerus kelelahan. Untuk mencapai kinerja terbaik Anda, pedulikan proses pemulihan diri.

Proses pemulihan diri tidak hanya masalah fisik yang bisa dilakukan dengan istirahat cukup, makan makanan bergizi, serta berolahraga teratur. Akan tetapi, pemulihan diri juga tentang masalah mental, yang bisa Anda lakukan dengan mengambil waktu libur, melakukan hobi, serta menghabiskan waktu dengan orang tersayang.

Proses pemulihan diri tidak hanya menjaga kesehatan tubuh Anda, tapi juga kesehatan mental. Jangan abaikan tubuh dan pikiran Anda, berikan mereka kesempatan beristirahat dan memulihkan diri.

  1. Doronglah diri Anda, tapi jangan terlalu terikat

Jika Anda ingin menjadi juara, maka doronglah diri Anda. Anda harus bersedia mendorong diri memberikan yang terbaik atas apa yang Anda lakukan. Namun, jangan terlalu terikat dengan tugas, pekerjaan, serta tujuan Anda.

Terlalu terikat akan merusak diri Anda ketika mengalami kegagalan. Anda tidak akan bisa menjadikan kegagalan sebagai sebuah proses pembelajaran, karena sibuk menyalahkan diri.

Memiliki mental dan sikap seorang juara merupakan hal penting dalan mencapai kesuksesan. Mental dan sikap juara akan menghasilkan performa juara yang meningkatkan produktivitas Anda. Menjalankan taktik di atas akan membuat Anda mampu memiliki performa juara.

Temukan cara menjadi juara dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Training Camp karya Jon Gordon.

~ Artikel ini sudah dibaca 25 kali

Share yuk!

4 thoughts on “Lakukan 5 Hal Ini untuk Menumbuhkan Performa Juara

  1. Thanks untuk tulisannya, sangat bermanfaat tentunya 🙂
    Saya tertarik dengan point yang pertama yaitu ciptakan filisofi diri, ini mengingatkan saya pada salah satu pelatih sepakbola terbaik saat ini yaitu Pep Guardiola yang dikenal memiliki filosofi (sepakbola) sendiri.

    1. Terima kasih banyak kak telah berkunjung. Iya, menciptakan filosofi diri berarti mengenal lebih dalam diri sendiri, nilai-nilai yang dianut dan diyakini, serta tujuan hidup. Filosofi diri seperti kompas dalam hidup.

      Mudah-mudahan artikelnya bermanfaat ya kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!