fbpx
September 27, 2016

Lakukan Food Combining untuk Hidup yang Lebih Sehat

Mengatur pola makan menjadi salah satu penunjang hidup sehat (via organicauthority.com)
Mengatur pola makan menjadi salah satu penunjang hidup sehat (via organicauthority.com)

Smart Leaders, kita semua mendambakan hidup yang sehat sehingga bisa beraktivitas dengan produktivitas optimal. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hidup yang sehat, salah satunya dengan mengatur pola makan.

Salah kaprah Diet

Kebanyakan dari kita mengira diet adalah mengurangi atau bahkan tidak makan sama sekali. Kita menjadikan diet sebagai alasan untuk tidak makan, mengurangi secara drastis porsi makan kita.

Pengertian sebenarnya dari diet adalah pengaturan pola makan baik itu dari kandungan nutrisi, porsi atau ukuran. Diet tidak hanya dilakukan untuk menurunkan berat badan, tapi juga bagi penderita penyakit tertentu seperti diabetes.

Selain itu pengaturan pola makan juga bermanfaat untuk kesehatan. Asupan nutrisi yang seimbang, akan membuat daya tahan tubuh meningkat sehingga selalu fit dalam beraktivitas.

Food combining

food combining memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh  (via thisrawsomeveganlife.com)
food combining memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh (via thisrawsomeveganlife.com)

Food combining secara sederhana didefinisikan sebagai mengonsumsi hanya beberapa jenis makanan atau kombinasi beberapa makanan untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi oleh tubuh. Kombinasi makanan yang sesuai akan membuat tubuh melepaskan enzim pencernaan, asam dan cairan lambung dalam jumlah yang tepat untuk pencernaan yang optimal. Food combining juga berfungsi menjaga pH tubuh berada dalam kondisi optimal, yaitu di angka 7,35—7,45.

Dalam mengombinasikan makanan, harus dipertimbangkan keserasian makanan tersebut dicerna secara bersamaan. Makanan kaya karbohidrat seperti nasi, gandum dan jagung jika dikombinasikan dengan protein hewani akan menjadi kombinasi yang tidak serasi.

Karbohidrat sebaiknya dikombinasikan dengan sayuran, begitu juga dengan protein hewani. Mengombinasikan ketiganya secara bersamaan akan menjadikan penyerapan nutrisi tidak optimal.

Menu makanan

  1. Sarapan
kandungan gula dalam buah-buahan gampang dicerna, sehingga baik untuk sarapan (via instagram.com)
kandungan gula dalam buah-buahan gampang dicerna, sehingga baik untuk sarapan (via instagram.com)

Awali pagi Anda dengan segelas air putih atau jeruk nipis peras tanpa gula. Lalu lanjutkan dengan sarapan buah-buahan. Buah-buahan merupakan energi yang gampang diserap oleh tubuh.

  1. Makan siang

Untuk menu makan siang, kombinasikan karbohidrat dengan sayuran. Misalkan nasi dengan pecel atau salad dan kentang. Karbohidrat memberikan energi bagi tubuh Anda untuk beraktivitas dengan baik.

  1. Makan malam

Menu makan malam bisa Anda kombinasikan antara protein hewani dengan sayur-sayuran. Hindari makan terlalu larut, karena idealnya harus ada jeda mnimimal 2 jam antara makan dengan tidur.

Menu makan siang dan malam boleh Anda kombinasikan asalkan menjaga keserasian makanan. Akan butuh waktu untuk membiasakan diri Anda dengan metode ini, tapi hasilnya bisa dirasakan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Sudah siap untuk hidup sehat?

Sumber: Holisticallyhaute, wyuliandari

~ Artikel ini sudah dibaca 11 kali

Share yuk!
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!