fbpx
April 30, 2018

Langkah Menjalin Hubungan dengan Orang Lain

Smart Leaders, dalam menjalin hubungan dengan orang lain, Anda perlu berupaya mewujudkannya. Anda memerlukan keterampilan berkomunikasi, keinginan membantu orang lain bertumbuh dan berubah, serta kesadaran akan misi atau tujuan pribadi.

John C. Maxwell menuliskan langkah-langkah yang bisa Anda terapkan dalam menjalin hubungan dengan orang yang Anda pengaruhi:

  1. Jangan mengabaikan orang lain

Anda hanya bisa menjalin hubungan dan memimpin orang lain jika menghargai mereka. pemimpin yang lemah kadang terjebak dalam visi mereka hingga melupakan orang-orang yang sedang mereka pimpin. Padahal, jika Anda mengabaikan orang lain dalam jangka waktu lama, kepemimpinan Anda akan mulai berantakan. Selain itu, Anda tidak akan menjalin hubungan dengan mereka.

Selan menjadu langkah dalam proses menjalin hubungan, menghargai orang lain juga memberi manfaat tambahan. Jika orang lain tahu Anda tidak mengabaikan mereka, mereka pun tidak akan mengabaikan Anda.

  1. Milikilah pola pikir yang membuat perbedaan

Jika Anda ingin mencapai sesuatu yang besar dan sungguh ingin mewujudkannya, milikilah sikap “buatlah-perbedaan”. Jika Anda tidak yakin membuat perbedaan, itulah persisnya yang akan terjadi.

Anda harus percaya bahwa apa yang Anda bagikan kepad orang lain dapat membuat perbedaan dalam hidup mereka. tidak seorang pun ingin mengikuti pribadi yang tidak punya keyakinan.

  1. Berinisiatiflah mendekati mereka

Ada banyak alasan mengapa kita tidak lebih sering menjalin hubungan dengan satu sama lain. Alasan utamanya, karena banyak pemimpin mengira anggota timnya lah yang bertugas memulai kontak dengan mereka. Yang benar, pemimpin harus berinisiatif menjalin hubungan. Jika mereka tidak mendatangi anggota timnya, bisa dipastikan tak akan ada hubungan yang terbangun.

  1. Carilah kesamaan latar belakang

Setiap kali Anda ingin menjalin hubungan dengan orang lain, mulailah dari hal yang kalian sepakati. Itu berarti menemukan kesamaan latar belakang. Jika Anda sudah mengasah kemampuan mendengarkan, Anda dapat menemukan bidang-bidang yang kalian memiliki pengalaman atau pandangan yang sama. Kadang kala meskipun telah menemukan kesamaan latar belakang, Anda masih bisa menghadapi rintangan dalam proses komunikasi. Jika Anda merasa orang yang Anda ajak menjalin hubungan masih ragu dengan pendekatan Anda, cobalah mencari kesamaan emosional.

  1. Kenali dan hormati kepribadian yang berbeda

Kita mampu menemukan kesamaan latar belakang dengan orang lain, namun pada saat yang sama kita pun harus mengakui bahwa kita semua berbeda. Perhatikan kepribadian orang lain, dan lakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka. Mereka akan menghargai kepekaan dan pengertian Anda.

  1. Temukan kunci memasuki kehidupan mereka

Dalam menjalin hubungan dengan orang lain, Anda hanya perlu tahu apa yang penting bgi mereka. Setiap orangmemiliki kunci dalam hidupnya—Anda hanya perlu menemukannya. Anda perlu memahami apa yang sudah dicapainya dan apa yang ia cita-citakan untuk memahami pikiran seseorang.

  1. Berkomunikasilah dari hati ke hati

Begitu mulai menjalin hubungan dengan orang lain, menemukan kesamaan, dan mengetahui hal yang sungguh penting bagi mereka, sampaikan pada mereka apa yang benar-benar penting bagi Anda. Itu mengharuskan Anda berbicara dengan mereka dari hati ke hati.

Bersikap tulus adalah satu-satunya faktor terpenting saat berkomunikasi dengan orang lain, baik dalam percakapan empat mata maupun di depan khalayak ramai. Tidak ada pengetahuan, teknik, atau kecakapan setajam apa pun yang dapat menggantikan keinginan yang jujur dan tulus untuk membantu orang lain.

  1. Milikilah pengalaman bersama

Agar benar-benar terhubung dengan orang lain, lakukanlah lebih dari sekadar menemukan kesamaan dan berkomunikasi dengan baik. Untuk membangun jembatan yang menghubungkan Anda dengan mereka, milikilah pengalaman yang sama dengan mereka.

Berbagilah makanan dengan mereka, menonton pertandingan bola bersama, dan undang mereka dalam acara Anda. Apa pun yang kalian alami bersama akan menciptakan kenangan yang membantu Anda menjalin hubungan dengan orang lain.

  1. Setelah terhubung, majulah terus

Jika ingin memengaruhi orang lain dan menggerakkan mereka ke arah yang benar, jalinlah hubungan dengan mereka sebelum mencoba membawa mereka ke mana pun. Mencoba melakukannya sebelum menjalin hubungan merupakan kesalahan umum para pemimpin pemula. Mereka berusaha menggerakkan orang lain tanpa menjalin hubungan, dan akibatnya, muncul ketidakpercayaan, pertentangan, dan ketegangan hubungan.

Smart Leaders, menjalin hubungan dengan orang lain merupakan langkah awal memengaruhinya. Hubungan menciptakan kesediaan dalam diri orang lain untuk mengikuti Anda ke tempat yang baru demi alasan yang besar.

Jadilah pembawa pengaruh positif bagi orang lain dengan membaca buku pengembangan diri berjudul How to Influence People dari John C. Maxwell dan Jim Dornan.

~ Artikel ini sudah dibaca 89 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!