fbpx
April 18, 2017

Liburan Bertemakan Alam, Manfaatnya Sangat Berpengaruh Terhadap Kondisi Jiwa Seseorang

Smart Leaders,

Jika diperhatikan lagi, zaman sekarang banyak sekali berita social media yang disemarakkan oleh foto beberapa orang yang memperlihatkan pemandangan yang fenomenal, seperti di puncak gunung, pantai, kedalaman laut, maupun lantai rooftop sebuah gedung pencakar langit. Usut punya usut, menurut beberapa penelitian, individu yang menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan cenderung lebih bahagia dan sehat ketimbang mereka yang berada di dalam ruangan. Anda tentu pernah mendengar pernyataan itu bukan?

Namun, kira-kira adakah bedanya bila kita benar-benar berada di luar ruangan dengan hanya berpura-pura di luar ruangan? Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam International Journal of Environment Research and Public Health, melihat foto pemandangan hijau juga memberi dampak kesehatan loh, terutama mengurangi stres.

Dalam studi tersebut sekelompok mahasiswa diperlihatkan sejumlah foto pada layar komputer. Sebagian dari mereka ditunjukkan foto pemandangan urban dengan gedung-gedung tinggi serta mobil-mobil yang terparkir. Sementara separuh lainnya melihat foto jalanan sepi yang dikelilingi pohon. Setelah itu para mahasiswa diminta menyelesaikan tugas matematika yang rumit. Peneliti menemukan, mahasiswa yang diperlihatkan pemandangan pohon memiliki detak jantung yang rendah dan lebih bisa mengatasi stres akibat soal yang sulit tersebut (dikutip dari laman Purewow).

Jadi, bila Anda merasa stres di kantor, tak ada salahnya loh untuk berselancar sejenak melihat-lihat foto pemandangan alam. Atau mungkin bisa berjelajah langsung di alam bebas saat liburan akhir pekan tiba. Melihat pemandangan atau mendekatkan diri dengan alam, itu banyak manfaatnya, lho! Berikut 5 manfaat melihat dan menikmati pemandangan:

Menghilangkan stres dalam sekejap
Lebih spesifiknya, lebih dekat dengan alam dapat mengurangi hormon stress, mengurangi tekanan darah, ketegangan otot, serta menstabilkan detak jantung. Anda akan menjadi lebih rileks, merasa lebih bahagia, dan juga meningkatkan kesehatan mentalmu.

Meningkatkan kemampuan berfokus
Ketika bersama alam, manusia akan secara alami berfokus menikmati pemandangan, pepohonan dan bunga, sert hewan-hewan di sekitarnya. Dari pengalaman ini, tingkat kemampuan berfokus kamu akan semakin terlatih dan meningkat.

Meningkatkan kesehatan fisik dan mempercepat pemulihan
Manusia memang diciptakan untuk mendekatkan diri dengan alam. Ketika mendekatkan diri dengan alam, tubuh kita akan serasa kembali ke ‘rumah’ yang asri dan tenteram. Fokus pada alam hijau sangat efektif mengalihkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang sedang dialami pasien sehingga proses pemulihan menjadi lebih cepat. Membantu menyembuhkan yang sakit, menyehatkan yang sehat.

Meningkatkan kepercayaan diri
Psikologi membuktikan bahwa melakukan aktivitas yang berkaitan dengan alam bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri kita. Setelah otak Anda merasa “segar”, pola pikir positif pun meningkat dan membuat Smart Leaders bisa lebih menghargai diri sendiri.

Mendekatkan sesama manusia
Menurut penelitian oleh Kuo dan Coley dalam Laboratorium Penelitian Manusia-Lingkungan, mendekatkan diri dengan alam dapat memperkuat hubungan sesama manusia. Hal ini juga didukung hasil penelitian Universitas Illinois, dimana warga yang tinggal di perumahan yang dikelilingi pepohonan dan padang rumput cenderung lebih saling kenal, akrab, dan peduli antar sesama. Hal itu terjadi karena ketika manusia “dekat” dengan alam, ia akan mengalami peningkatan rasa empati dan kasih sayang.

Jadi tunggu apalagi? Mumpung di bulan April banyak hari libur, sempatkan dulu untuk sekedar mengunjungi wisata bertemakan alam, siapa tahu setelahnya berlibur, Anda menjadi lebih semangat menghadapi pekerjaan Anda nantinya.

~ Artikel ini sudah dibaca 17 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!