fbpx
February 23, 2018

Maksimalkan Akhir Pekan Anda dengan 5 Cara Ini

 

Smart Leaders, akhir pekan sudah berada di depan mata. Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk akhir pekan ini? Akhir pekan sering kita manfaatkan untuk melepaskan diri dari rutinitas, diisi dengan kegiatan menarik dan menyenangkan.

Namun, tak jarang kita melewatkan akhir pekan dengan sia-sia. Anda terbangun pada Senin pagi dengan perasaan tidak menikmati akhir pekan, tetap merasa lelah sehingga akhirnya tidak menyukai Senin. Akhir pekan harus menjadi waktu bagi Anda beristirahat, lepas dari rutinitas, sehingga bisa kembali beraktivitas dengan pikiran jernih di minggu berikutnya.

Dilansir dari Tech In Asia, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut agar dapat memanfaatkan akhir pekan dengan maksimal.

  1. Pisahkan akhir pekan dengan hari lainnya.

Jangan jadikan Sabtu Minggu sebagai perpanjangan lima hari sebelumnya. Terkadang kita memanfaatkan akhir pekan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak sempat dikerjakan selama hari kerja.

Hal ini tidak sepenuhnya salah, jika pekerjaan Anda menumpuk dan harus segera diselesaikan. Namun, Anda bisa mencoba mencegah membawa pekerjaan di akhir pekan.

Buatlah daftar pekerjaan yang harus dilakukan dalam seminggu, lalu tentukan tiga pekerjaan penting yang harus diselesaikan. Kerjakan ketiga hal tersebut terlebih dahulu, dan kerjakan di pagi hari ketika  Anda berada di puncak performa.

  1. Tuliskan hal yang akan Anda lakukan di akhir pekan.

Mulailah akhir pekan dengan sebuah to-do list. Jadikan daftar ini sebagai panduan untuk hal-hal yang ingin Anda rencanakan lakukan di akhir pekan. Jika Anda berpikir untuk merapikan rumah di akhir pekan ini, maka pecah menjadi berbagai kegiatan seperti menyapu ruangan, mengepel lantai, dan lainnya. Prioritaskan tugas tersebut dari kegiatan lain seperti membaca buku, mencuci motor, atau nonton serial kesukaan.

  1. Jauhkan teknologi sejenak.

Jadikan akhir pekan sebagai waktu Anda melepaskan diri dari dering telepon, notifikasi email, dan aplikasi percakapan lain. Tahan sejenak keinginan berselancar di dunia maya, mengamati sosial media, atau bergosip dengan teman di aplikasi percakapan.

Manfaatkan waktu senggang Anda dengan makan siang, atau ngopi dengan kawan karib. Anda juga bisa mengisi akhir pekan dengan membaca buku, mengunjungi tempat menarik, atau bermain dengan keluarga, supaya Anda sejenak terlepas dari ponsel.

Melepaskan diri dari ponsel sejenak akan membuat Anda lebih fokus dan rileks tanpa dihantui kecemasan atau tiba-tiba memikirkan pekerjaan karena membaca email yang Anda terima.

  1. Perbaiki waktu tidur.

Selama hari kerja, apalagi ketika banyak deadline menunggu untuk diselesaikan, maka waktu tidur Anda akan berkurang. Anda bisa memanfaatkan akhir pekan untuk memperbaiki waktu tidur yang kurang sebelumnya.

Namun, jangan jadikan alasan tersebut untuk menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan tidur. Tidur terlalu lama malah membuat Anda semakin lemas dan cepat lelah.

  1. Jangan memaksakan diri.

Bisa jadi Anda memiliki banyak rencana di akhir pekan. Akan tetapi, tubuh Anda memiliki keterbatasan. Terlampau memaksa diri melakukan terlalu banyak hal akan membuat Anda kewalahan dan kelelahan di akhir pekan.

Perhatikan lagi daftar hal yang akan Anda lakukan di akhir pekan, lalu ukur kemampuan Anda melakukannya. Jika tidak mungkin, maka tunda melakukan beberapa kegiatan untuk akhir pekan berikutnya.

Smart Leaders, akhir pekan yang diisi dengan baik dan maksimal akan membuat pikiran Anda kembali jernih, dan tubuh Anda segar menghadapi hari Senin.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 19 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!