fbpx
June 4, 2015

Manfaat Menjalin Hubungan dengan Orang Lain

Menjalin hubungan merupakan hal terbaik yang dilakukan oleh area abu-abu dalam otak kita. Area ini menerima informasi dari indra kita dan memprosesnya dengan membuat hubungan. Otak tumbuh dan berkembang ketika membuat koneksi-koneksi.

Bagi kita, berhubungan dengan orang lain memberikan manfaat yang tidak terbatas diantaranya:

  1. Panjang umur
    Penelitian ini diadakan pada 1979 oleh Dr. Lisa Berkman dari Harvard School of Health Sciences. Mereka menyimpulkan bahwa orang yang kurang memiliki ikatan sosial dengan masyarakat hampir tiga kali lebih mungkin meninggal akibat penyakit medis di banding mereka yang memiliki kontak sosial yang lebih luas.
  2. Memperoleh kerja sama
    Orang lain juga dapat membantu menangani kebutuhan dan keinginan kita.Semakin baik kualitas hubungan harmonis yang kita miliki bersama mereka semakin tinggi tingkat kerja sama mereka.
  3. Merasa aman
    Sebuah komunitas yang terhubung memberikan para anggotanya kekuatan dan keselamatan. Ketika kita merasa kuat dan aman, kita dapat mencurahkan energi untuk berkembang secara sosial, budaya, dan spiritual.
  4. Merasakan cinta
    Dari waktu ke waktu kita bertemu seseorang yang memengaruhi emosi dan ritme tubuh kita dengan cara yang menyenangkan melalui bahasa tubuh, gerakan, ekspresi wajah, nada suara atau kata-kata. Hal itu yang kita sebut cinta dan kita membutuhkan satu sama lain.

Temukan manfaat dan cara  bagaimana menjalin hubungan baik dengan orang lain dalam buku How To Make People Like You karya Nicholas Boothman.

 

~ Artikel ini sudah dibaca 1558 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!