fbpx
June 17, 2015

Manfaat Semangat yang Tinggi

Ketika mempelajari hidup para pemimpin yang efektif, Anda akan menemukan bahwa mereka sering kali tidak sesuai dengan yang digambarkan oleh kebanyakan orang. Umpamanya, lebih dari 50% direktur utama perusahaan yang terdaftar dalam fortune 500 mendapatkan nilai C atau C- ketika kuliah. Hampir 75% dari semua presiden Amerika Serikat hanya mencapai peringkat menengah kebawah di kelasnya. Lebih dari 50% usahawan yang telah menjadi jutawan tidak pernah selesai kuliah. Apakah yang memungkinkan orang-orang yang tampak biasa-biasa saja itu mencapai hal-hal besar?

Jawabannya adalah semangat. Tidak satu pun dapat menggantikan semangat dalam kehidupan seorang pemimpin.

Pelajarilah empat kebenaran tentang semangat ini dan apa yang dapat diperbuatnya bagi Anda sebagai pemimpin:

  1. Semangat adalah langkah pertama menuju prestasi.
    Siapa pun yang unggul memiliki hasrat yang besar. Ini benar dalam bidang apa pun. Hasrat yang lemah akan mendatangkan hasil yang lemah, sama seperti halnya api kecil menciptakan panas yang kecil. Semakin besar api semangat Anda, semakin besar pula hasrat Anda dan semakin besar pula potensi Anda.
  1. Semangat meningkatkan kehendak Anda.
    Semangat itu tidak ada gantinya. Semangat adalah bahan bakar pendorong kemauan. Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu, Anda akan memiliki kemauan untuk mencapainya. Satu-satunya cara untuk memiliki hasrat itu adalah dengan mengembangkan semangat.
  1. Semangat mengubah Anda.
    Jika Anda mengikuti semangat Anda, bukan persepsi orang lain, maka Anda pasti akan menjadi orang yang lebih berdedikasi dan lebih produktif. Hal itu akan meningkatkan kemampuan Anda untuk memberikan dapak kepada orang lain. Akhirnya, semangat Anda akan lebih memberikan pengaruh daripada kepribadian Anda.
  1. Semangat membuat hal-hal yang mustahil menjadi kenyataan.
    Manusia diciptakan sedemikian rupa sehingga ketika jiwanya terbakar oleh sesuatu, kemustahilan akan lenyap. Api dalam hati mengangkat segala hal dalam hidup Anda. Itulah sebabnya kenapa para pemimpin yang semangat begitu efektif. Seorang pemimpin yang memiliki sedikit keterapilan namun besar semangatnya selalu lebih unggul dari pada pemimpin yang memiliki keterampilan hebat namun tidak bersemangat.

Temukan inspirasi lainnya untuk mengembangkan kepemimpinan Anda dalam buku The 21 Indispensable Qualities of A Leader karya John C. Maxwell.

~ Artikel ini sudah dibaca 1245 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!