fbpx
July 31, 2017

Mau Keuangan Selamat Sampai Akhir bulan? Simak Cara Mengelola Keuangan Ini

Smart Leaders,

Yeayyyy besok hari terima gaji sedunia nihh Smart Leaders! Tapi sayangnya tidak sedikit orang yang bisa bertahan memiliki uang hingga akhir bulan dengan penghasilan yang didapatkan pada awal bulan besok. Padahal, pendapatan yang kita terima hanya ada sekali sebulan dan Anda juga perlu memikirkan masa depan bukan?

Yang perlu Smart Leaders lakukan adalah mengelola keuangan. Dari penghasilan total, Smart Leaders perlu membaginya ke dalam beberapa hal, dari mulai yang prioritas hingga menyisihkannya untuk ditabung atau diinvestasikan.

Berikut lima cara mengelola keuangan sehingga Anda tidak perlu takut kehabisan uang pada akhir bulan.

#1. Prioritaskan pengeluaran
Misalnya Anda memiliki cicilan KPR atau kendaraan, inilah yang harus menjadi prioritas utama. Sisihkan uang di awal untuk membayar cicilan ini.

#2. Biasakan untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran
Seperti setelah melakukan belanja online, langsung catat uang yang dikeluarkan. Memang repot di awal, tetapi percayalah cara ini cukup efektif untuk mengerem pengeluaran berlebihan.

#3. Jangan sering gunakan kartu kredit ataupun berhutang
Sebab, Anda tidak akan terasa saat berbelanja dengan kartu kredit. Padahal Anda harus membayar pada bulan berikutnya. Sehingga hanya gunakan kartu kredit saat sedang ada promo.

#4. Siasati gaya hidup
Anda perlu mencari tempat nongkrong atau pusat pembelanjaan yang ada promonya. Ini supaya lebih menghemat pengeluaran yang menunjang gaya hidup.

#5. Disiplin menabung
Biasakan 30-50 persen dari gaji untuk ditabung atau diinvestasikan. Anda dapat mencoba deposito, tetapi uang yang harus diinvestasikan minimal Rp 10 juta. Namun, ada cara lain menyisihkan uang Anda meski tidak sampai Rp 10 juta, yakni membeli reksa dana pasar uang. Hanya dengan Rp 100 ribu, Anda dapat membelinya dengan bunga 6-7 persen di atas deposito.

Nah Smart Leaders, ituselain tips tadi, masih ada cara-cara mengelola kekayaan yang bisa Anda dapatkan dalam buku Secret Wealth Management terbitan MIC Publishing. Mau tahu lebih tentang bukunya? Klik www.micpublishing.co.id yuk!

Sumber: Liputan6.com

~ Artikel ini sudah dibaca 14 kali

Share yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!