fbpx
September 22, 2016

Melamar Pekerjaan? Cantumkan 5 Hal ini di CV Anda

CV berisi resume keahlian, pendidikan dan pengalaman Anda (via dreamstime.com)
CV berisi resume keahlian, pendidikan dan pengalaman Anda (via dreamstime.com)

Smart Leaders, apakah Anda sedang dalam proses mencari pekerjaan? Hal yang harus ada saat Anda mengirimkan surat lamaran adalah Curriculum Vitae yang berisi resume pengalaman dan pendidikan. Supaya lamaran Anda diperhitungkan oleh perusahaan yang akan merekrut, cantumkan hal-hal ini:

  1. Keahlian yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar

Menuliskan keahlian yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar penting karena perusahaan tidak akan memperhatikan keahlian lain yang tidak berhubungan. Hindari menuliskan keahlian yang tidak berhubungan dengan pekerjaan tersebut dan fokus pada keahlian yang relevan.

  1. Pengalaman organisasi

Pengalaman organisasi yang pernah Anda ikuti memiliki peran menarik minat perusahaan untuk merekrut Anda.  Pengalaman berorganisasi menunjukkan kemampuan Anda untuk bekerja dengan orang lain. Jika Anda pernah menjabat pada sebuah atau beberapa organisasi, jangan lupa untuk dicantumkan.

  1. Beasiswa yang didapat

Tidak hanya pengalaman organisasi, tapi beasiswa yang pernah Anda dapatkan juga menjadi daya tarik bagi perusahaan untuk merekrut Anda. Calon karyawan yang pernah meraih beasiswa dianggap sebagai pribadi yang mengagumkan dan berprestasi.

Beberapa program beasiswa memilih penerimanya dengan metode yang hampir mirip dengan menerima karyawan. Ada lamaran yang dikirimkan, tes dan wawancara. Oleh karena itu maka penerima beasiswa dianggap sudah berpengalaman dalam melaksanakan tes dan wawancara penerimaan karyawan.

  1. Pengalaman kerja lengkap, dengan jobdesc dan capaian terbaik

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja di tempat lain, jangan lupa mencantumkannya dalam CV. Tidak hanya pengalaman kerja saja, tuliskan jobdesc pada pekerjaan sebelumnya dan capaian terbaik atau prestasi Anda pada pekerjaan sebelumnya.

  1. Kemampuan bahasa asing dan softskill

Kemampuan bahasa asing, terlebih jika Anda menguasai selain bahasa Inggris akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Kemampuan ini akan lebih berguna lagi jika Anda melamar ke perusahaan multinasional.

Selain itu, cantumkan softskill yang Anda miliki. Hal tersebut berpengaruh karena perusahaan-perusahaan semakin teliti dalam menyelidiki kompetensi calon karyawannya.

CV harus mampu menjadi alat tawar Anda ke perusahaan (via moockup.me)
CV harus mampu menjadi alat tawar Anda ke perusahaan (via moockup.me)

CV harus mampu menjadi daya tawar Anda ke perusahaan. Di dalamnya tercantum keahlian, resume perjalanan pendidikan, organisasi dan pekerjaan Anda sebelumnya. Oleh karena itu, susunlah CV Anda dengan isi yang menarik dan bahasa yang baik.

 

Dirangkum dari: IDNtimes

~ Artikel ini sudah dibaca 125 kali

Share yuk!

One thought on “Melamar Pekerjaan? Cantumkan 5 Hal ini di CV Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!