fbpx
March 27, 2018

Menerapkan Disiplin untuk Menjalin Hubungan

Smart Leaders, menjalin hubungan yang baik dengan orang lain merupakan satu kunci kesuksesan. John C. Maxwell menuliskan bahwa kita sering menyia-nyiakan hubungan sehingga tidak selalu memberi perhatian yang pantas mereka terima.

Untuk menjalin hubungan yang baik, maka Anda membutuhkan banyak upaya. Agar hubungan terus berkembang, Maxwell menyarankan Anda mempraktikkan disiplin ini: Setiap hari, saya dengan sengaja berupaya menempatkan niat baik ke dalam hubungan saya dengan orang lain.

Jika Anda ingin meningkatkan hubungan melalui tindakan setiap hari, maka Anda perlu melakukan hal-hal berikut

  1. Utamakan orang lain

Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan terlebih dahulu mengutamakan orang lain. Cara paling dasar untuk melakukannya adalah mempraktikkan Golden Rule atau Kaidah Kencana: Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan. Jika Anda menerapkan pola pikir tersebut di semua interaksi Anda dengan orang lain, Anda berada di jalur yang benar. Orang-orang tidak peduli seberapa banyak Anda tahu sebelum mereka tahu seberapa besar Anda peduli.

  1. Jangan membawa beban berasaan

Beberapa hal dalam hidup terasa menekan, seperti sakit hati dari masa lalu yang dibawa dari hari ke hari. Jika ingin menikmati waktu bersama orang lain, Anda harus menghilangkan perasaan semacam itu. Anda tidak dapat menyimpan kesalahan masa lalu dan berharap menjalin hubungan yang baik. Jika perasaan Anda tersakiti dan perlu mengutarakan serta menyelesaikannya, lakukanlah segera. Selesaikan masalah itu dan lupakan. Jika masalah itu tidak penting dibahas, lupakan saja dan lanjutkan hidup Anda.

  1. Luangkan waktu untuk hubungan yang paling berharga

Sebagian besar orang mengalokasikan energi untuk hubungan dengan aturan: pertama terhubung, pertama dilayani. Hubungan yang terlebih dahulu menarik perhatian mereka akan melahap semua waktu dan energi. Itulah sebabnya si-banyak-omong menyerap begitu banyak perhatian di kantor dibandingkan si-produktif. Itulah sebabnya banyak orang tak punya apa-apa lagi untuk diberikan ketika pulang dari kantor. Keluarga menyediakan hubungan yang paling berharga dalam hidup Anda. Mereka seharusnya diutamakan saat Anda merencanakan pengelolaan waktu.

  1. Layani orang lain dengan gembira

Hidup adalah perjalanan yang menyenangkan dan paling menyenangkan ketika kita melayani orang lain. Menambah nilai terhadap orang lain merupakan hal terbaik yang dapat kita lakukan dalam hidup ini. Karenanya, ketika melayani, lakukanlah dengan gembira dan upaya paling besar.

  1. Sering-seringlah mengungkapkan kasih dan penghargaan

Banyak yang percaya bahwa cara terbaik membantu orang lain adalah dengan mengkritik mereka, mengajari mereka “kebijaksanaan”. Namun sebenarnya, cara terbaik membantu orang adalah dengan melihat hal terbaik dalam diri mereka.

Mengungkapkan kasih dan penghargaan kepada orang lain akan membuat mereka melihat hal terbaik dalam diri mereka. Tindakan apa yang lebih baik untuk memulai hubungan daripada mencari hal terbaik dalam diri mereka, mendukungnya seratus persen, dan menyadari kebaikan mereka.

Smart Leaders, terapkan disiplin menjalin hubungan dengan orang lain, maka Anda akan memberikan dampak terhadap orang lain dan mencapai kesuksesan.

Temukan lebih banyak tentang 12 disiplin yang bisa Anda tanamkan setiap hari untuk mencapai kesuksesan dengan membaca buku pengembangan diri berjudul Today Matters karya John C. Maxwell

~ Artikel ini sudah dibaca 9 kali

Share yuk!

One thought on “Menerapkan Disiplin untuk Menjalin Hubungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!